Sabtu , Juni 23 2018
Home / Kesehatan / Tidur Saat Rambut Basah Datangkan Bermacam Penyakit

Tidur Saat Rambut Basah Datangkan Bermacam Penyakit

Aktivitas seharian dapat menjadikan kelelahan pada tubuh. Begitu juga dengan rambut, bisa acak-acakan dan terasa berat akibat debu ataupun keringat yang berlebihan di kepala. Jika sudah seperti maka bawaannya kita ingin segera mandi dengan mencuci rambut (keramas).

Hal yang patut di perhatikan setelah membasahai rambut saat mandi ialah jangan menyegerakan tidur sebab nantinya bisa mengakibatkan beberapa penyakit menghampiri kita, misalnya sakit kepala, rambut mudah rusak, terjadinya infeksi kulit kepala, gatal dan bengkak, alergi hingga pilek, serta nyeri otot.

Padatnya aktivitas yang kita lakukan sampai sore akan menjadikan kita ingin segera pulang ke rumah untuk beristirahat. Mandi sebelum tidur sebenarnya bisa membantu tubuh menjadi rileks karena tidurnya nyeneyak. Hal tersebut karena kemungkinan adanya pengurangan ketegangan otot dan stress akibat kelelahan. Namun jika kemudian habis mandi dengan rambut dalam keadaan masih basah maka beberapa penyakit yang akan di dapati.

Sering kita yang kelelahan dan langsung mandi dengasn berbasah-badsah rambut untuk selanjutnya tidur, maka penyakit seperti sakit kepala dan yang lainnya akan kita alami. Dengan begitu beberapa maslah kesehatan akan mengahampiri dan pastinbya kita sendirin yang akan di buat repot.

Meskipun tidak berbahaya banget bagaimana kita tidur dalam keadaan rabut basah, tapi hal ini bisa menyebabkan reaksi yang merugikan pada tingkatan kapiler dan juga pada otot. Dengan demikian maka system kekebalan tubuh lambat laun bisa berkurang.

Seharusnyalah konsekuensi seperti tersebut di perhatikan dengan baik. Jika kita sering melakukannya dengan tidur dalam keadaan rambut basah dan menjadi sebuah kebiasaan maka hal tersebut sangat tidak baik, sebab aka nada beberapa efek negative yang akan terjadi sampai kita akan berfikir beberapa kali untuk tidur dengan keadaan rambut yang basah.

Beberapa penyakit yang di timbulkan akibat tidur dengan keadaan rambut basah

  • Sakit Kepala

Rambut yang belum mengering dan kita melakukan kegiatan tidur sebagai pelepasa rasa penat maka dapat menjadikan sakit kepala oleh sebab kelembapan yang yang menyebabkan perubahan suhu tubuh secara mendadak.
Apalagi membungkus rambut deengan handuk dapat memperparah datangnya sakit kepala dalam jangka waktu yang lebih lama. Denagn begitu sirkulasi darah di kulit kepala akan mengakibatkan ketegangan meningkat yang kemudian menyebabkan rasa sakit hingga mengganggu aktivitas tidur.

  • Rambut Rusak

Tidur dengan keadaan rambut basah akan mendorong lemahnya helai rambut sepanjang waktu saat kita terlelap dan pastinya akannmengakibatkan kerentanan lebih parah atas kerusakan rambut akibat kerontokan.

  • Infeksi Kulit Kepala

Membiarkan rambut tetap basah saat kita tidur bisa mengakibatkan resiko infeksi kulit kepala, sebab mikroorganisme mempunyai lingkungan ideal untuk meluaskan enzim akibat lembabnya kulitb kepala secara berlebihan. Di tambah lagi dengan hangatnya tempat tidur maka akan semakin memanjakan bakteri dan jamur untuk berkembang biak pada seluruh tubuh manusia. Akibatnya, iritasi dan infeksi jamur akan muncul di kulit kepala dan kulit sekitarnya akibat kelembapan berlebihan.

  • Gatal Dan Bengkak

Jamur dan beberapa enzim yang ada dan muncul dengan rambut basah tadi bisa merusak kulit kepala, akibatnya kulit kepala akan terasa gatal hingga adanya radang yang membuat kita tidak nyaman, meskipun rambut sudah dalam keadaan kering.

Bila hal tersebut terus berkelanjutan maka bisa menjadi masalah tersendiri yang akan terus berulang-ulang dan akaibatnya kita harus membutuhkan berhari-hari supaya gatal dan bengkak di kepala akibat keseringan tidur dengan rambut basah akan sembuh.

  • Alergi Dan Pilek

Perubahan suhu pada tubuh akibat rambut yang basah tadi bisa mengakibatkan system kekebalan tubuh melemah. Denagn begitu nantinya bisa memicu atau menimbulkan alergi dan pilek.
Kelembapan berlebihan di kulit kepala dapat menyebabkan mekanisme pertahanan tubuh melemah dan beberapa virus dan bakteri bisa menyerang.

About Siti Alfiah

Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri..

Check Also

4 Makanan Yang Ampuh Untuk Hilangkan Jerawat

Halo kawan semua, Jerawat kerap membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Muncul nya bisa kapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *