Beranda Soal Biologi Soal Latihan Hereditas

Soal Latihan Hereditas

16
0

Soal Latihan HereditasHereditas dapat di artikan  sebagai pewarisan atau pemindahan Biologis karateristik individu dari Pihak orang tuanya. Menurut Witherington, hereditas adalah suatu proses penurunan sifat-sifat atau benih dari generasi ke generasi lain, melalui plasma benih, bukan dalam bentuk tingkah laku melainkan struktur tubuh.


Hereditas pada Individu berupa Warisan ‘’ Specifik genes” yang berasal dari kedua orang tuanya. “Genes” ini terhimpun di dalam kromosom-kromosom atau “Colared Bodies”. Kromosom-Kromosom baik dari pihak ayah maupun pihak ibbu berinteraksi membentuk pasangan-pasangan . Dua anggota dari masing-masing pasangan memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Pasangan kromosom dimana dalam masing-masing kromosom terdapat sejumlah genes dan masing masing genes memiliki sifat tertentu , membentuk persenyawaan genes yang demikian menjalin senyawa sifat-sifat genes. 

Setiap sel dalam tubuh memiliki hereditas identik sebagai akibat dari adanya proses individu dan differensiasi.  Hereditas juga merupakan factor pertama yang mempengaruhi perkembangan indvidu. Setiap individu memulai kehidupannya sebagai organism yang bersel tunggal yang bentuknya sangat kecil, garis tengahnya lebih kurang 1/200 inci (1/80 cm). sel ini merupakan perpaduan antara sel telur dengan sel sperma. Di dalam rahim, sel benih yang telah dibuahi teris bertambah besar dengan jalan pembelahan sel menjadi organism yang bersel dua, empat, delapan, dst. Hingga setekah kurang lebih 9 bulan menjadi organism yang sempurna.

Diantara semua sel, sebagian sel di cadangkan untuk fungsi pembiakan atau pembenihan. Sel-sel ini di sebut sel “germ”    sejak individu di lahirkan ia telah memiliki sel –sel germ ini. Ketika individu mencapai kematangan seksual , dalam tubuhnya terjadi pembentukan sel-sel benih yang prosesnya berasal dari sel-sel Germ . Proses ini di sebut Meiosis apabila proses ini terjadi pada anak laki-laki, maka terbentuklah bahan yang di sebut sperma. Apabila proses ini terjadi pada anak perempuan maka terbentuklah bahan yang di sebut ova atau telur-telur dalam kandungan. Produksi benih ini akan lebih nyata ketika anakmencapai tingkat pubertas. Apabila dua individu berlainan jenis kelamin melakukan perkawinan, terjadilahproses genetis seperti yang di kemukakan di atas dalam rangka membentk individu baru.

Proses genetis individu berawal dari pertemuan antara 24 kromosom pihak ayah dan 24 kromosom pihak ibu . keempat puluh delapan kromosom itu bercampur dan berinteraksi membentuk pasangan-pasangan baru . Akibat dari peristiwa ini maka terjadilah pertemuan Genes pada setiap pasangan Kromosom dari pihak ayah dan ibu yang memiliki sifat tertentu . Akibat dari pertemuan genes itulah maka terjadi perubahan sifat hereditas. Jadi dasar hereditas dari perbedaan individual adalah adanya kombinasi-kombinasi genes yang mengakibatkan adanya perubahan-perubahan  sifat genes.

Soal Latihan Biologi Materi Hereditas

A. Pilihan Ganda

1. Jika kita menyilangkan jagung berbiji bulat merah (BBmm) dengan biji jagung keriput kuning (bbkk), maka keturunan pertama (F1) menghasilkan biji jagung bulat berwarna merah, kemudian antara keturunan pertamanya F1, maka akan mengha-silkan F2 dengan perbandingan bulat merah : keriput merah : bulat kuning : keriput kuning, sebagai berikut …
A. 3 : 3 : 9 : 1
B. 1 : 3 : 3 : 9
C. 9 : 3 : 3 : 1
D. 9 : 3 : 1 : 3
E. 9 : 3 : 3

2. Persilangan keturunan pertama (F1) dengan salah satu induk yang bersifat homozigot atau reseif, maka persilangan itu disebut persilangan ….
A. Monhibrid
B. Dihibrid
C. Resiprok
D. Backcross
E. Testcross

3. Suatu individu yang mempunyai genotipe AABBCCdd, dapat menghasilkan macam gamet ….
A. 4
B. 8
C. 16
D. 2
E. 10

4. Bayi yang menderita penyakit erithroblastosis fetalis lahir dari pasangan ….
A. Ibu Rh+ dengan ayah Rh-
B. Ibu Rh+ dengan ayah Rh+
C. Ibu Rh- dengan ayah Rh-
D. Ibu Rh- dengan ayah Rh+
E. Ibu dan ayah mempunyai peresus yang berbeda

5. Tanaman jenis jagung yang tinggi dominan terhadap pendek, warna biji bulat  dominan terhadap biji kisut. Jika dua tanaman jagung yang bersifat heterozigot disilangkan, maka perbandingan keturunannya adalah ….
A. ½ tinggi kisut : ½ pendek bulat
B. ½ pendek kisut : ½ tingg bulat
C. 3 tinggi bulat : 2 pendek kisut
D. 9 tinggi bulat : 3 tinggi kisut : 3 pendek bulat : 1 pendek kisut
E. 9 tinggi bulat : 3 tinggi kisut : 3 pendek kisut : 1 pendek kisut

6. jika terjadi suatu perkawinan antara seseorang bergolongan darah A heterozigot dengan B heterozigot , maka kemungkinan golongan darah anak-anaknya adalah….
A. B dan AB
B. A,B,AB dan O
C. A dan B
D. AB dan O
E. A dan AB

7. Kromosom seks XY pada pria terdapat pada…
A. Sel gamet dan sel testis
B. Sel alat reproduksi
C. Sel gamet
D. Sel somatik
E. Sel testis

8. Genotipe manakah yang membuat macam gamet masing-masing sebanyak 25%?
A. Pp rr SS tt
B. PP rr Ss tt
C. Pp RR Ss Tt
D. Pp  Rr Ss Tt
E. pp Rr Ss Tt

9. Seorang ayah buta warna akan menurunkan gen buta warna tersbut pada…
A. 50% dari cucu laki-lakinya
B. 50% dari anak laki-lakinya
C. 100% dari anak laki-lakinya
D. 100% dari anak perempuannya
E. 100% dari cucu perempuannya

10. Perhatikan peta silsilah di samping!
Individu X mempunyai golongan darah…
A. B homozegot
B. A hemozigot
C. A dan B homozigot
D. AB
E. O

B. Essay

1. Apa yang anda ketahui tentang gen, genotipe, dan fenotipe?
2. Apakah yang dimaksud dengan hukum segregasi?
3. Coba anda jelaskan dengan contoh terjadinya letal resesif!
4. Apa yang dimaksud dengan gagal berbisa?
5. Mengapa hemofili dan buta warna sering di wariskan kepada anak-anak laki-laki?
6. Apa saja yang dapat di jadikan dasar munculnya pola pewarisan sifat yang beraneka ragam itu sehingga seakan akan menyimpang dari hukum yang berlaku?
7. Apa perbedaan pindah silang di pandang dari segi kekerapannya (frekuensi) dan proses kejdiannya?
8. Apa peranan ilmu genetika terhadap kehidupan manusia?
9. Apa yang dimaksud dengan polidaktili dan dengan cara apa sifat ini dapat dipelajari?
10  Apa yang anda ketahui dengan albino?

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here