Beranda Teknologi Seperti Apa Komputer Generasi Pertama Itu?

Seperti Apa Komputer Generasi Pertama Itu?

69
0

Pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana dahulu bisa ada alat canggih yang disebut komputer? Apakah dari dahulu komputer memang sudah seperti saat ini? Mungkin bagi beberapa anak teknik komputer sudah paham betul mengenai barang hebat satu ini. Namun sebagai anak-anak generasi milenial yang menjalani kehidupan dengan mudah dengan adanya perkembangan teknologi, kalian juga harus tahu bagaimana teknologi di masa lalu termasuk bagaimana komputer pada masa lalu atau yang kerapkali disebut komputer generasi pertama itu.

Nah bagi kalian yang belum tahu, perkembangan komputer itu terbagi dalam beberapa generasi. Kira-kira perkembangan komputer ada berapa generasi sih? Terdapat 5 generasi, yakni

1. Generasi pertama
2. Generasi kedua
3. Generasi ketiga
4. Generasi keempat
5. Generasi kelima

Yang akan kita bahas disini ialah komputer generasi pertama. Bagi yang berpikir bahwa komputer generasi pertama sama seperti komputer zaman sekarang tidaklah benar. Komputer generasi pertama memiliki ukuran yang lebih besar daripada komputer jaman sekarang. Yang menjadi ciri khas komputer generasi pertama ialah tube vakum. Dahulu orang menyebut komputer sebagai kalkulator besar. Hal ini dikarenakan pada awalnya komputer hanya dibuat dengan fungsi perhitungan saja.

Setelah terjadinya perang dunia 2, kedua blok saling bersaing dalam mengembangkan teknologinya termasuk mengembangkan komputer. Di Jerman seorang insyinyur bernama KonradZuse menciptakan komputer yang diberi nama Z3 tahun 1941. Komputer Z3 ini digunakan untuk mebuat desain pesawat serta peluru kendali.

Perkembangan komputer juga terjadi di Inggris. Pada tahun 1943 Inggris berhasil menciptakan komputer yang dinamai Colossus. Komputer colossus ini dibuat dengan fungsi untuk memcahkan kode rahasia milik Jerman. Namun sayangnya komputer colossus ini kurang mewarnai pekembangan dunia komputer dikarenakan fungsinya yang hanya khusus untuk memecahkan kode dan karena komputer ini sangat dijaga keberadaanya.

Tidak hanya Inggris dan Jerman, Amerika juga berhasil mencipatakan komputer yang lebih akrab disebut sebagai kalkulator di jaman sekarang. Kalkultor elektronik hasil karya dari InsyinyurHardvard, Howard H. Aiken dan IBM ini diciptakan untuk US Navy. Ukuran dari kalkulator elektronik ini mungkin bisa dibilang mengejutkan jika dibandingkan dengan kalkulator sekarang. Kalkulator Howard H. Aiken ini berukuran setengah lapangan sepak bola. Oleh karena itu perkembangan dari jaman dahulu sampai sekarang ini bisa dibilang sangat pesat sekali.

Perkembangan lain yang diciptakan Amerika ialah ENIAC. ENIAC merupakan singkatan dari Electronic NumericalIntegratorandComputer yang dirancang dengan segala fungsi. ENIAC merupakan hasil rancangan John W. Mauchly dan John PresperEckert atas kerjasamaUniversityofPennsylvania dengan Amerika Serikat. Dapat dikatakan komputer ini lebih baik dari komputer-komputer sebelumnya karena multifungsinya. Meskipun demikian tetap saja komputer ENIAC ini memiliki ukuran yang besar dikarenakan memang komponen-komponen yang membangunnya juga merupakan barang-barang besar. Sesuai dengan kemampuannya, komputer ENIAC terdiri dari banyak komponen pembangun, diantaranya yakni menggunakan resistor sejumlah 70.000 biji, memerlukan tabung vakum sejumlah 18.000 buah, titik solder sebanyak 5.000.000 dan memakan daya yang sangat besar yaitu 160 kW. jumlah yang lumayan fantastis bukan jika dibandingkan dengan seperangkat koputer jaman sekarang yang menggunakan komponen-komponen kecil dengan fungsi yang luar biasa.

Tidak hanya berhenti di komputer ENIAC, UniversityofPennsylvania menambah suasana baru di dunia komputer dengan komputer ciptaanya yang dinamai EDVAC pada tahun 1945. Komputer satu ini merupakan rancangan dari John VonNeumann yang berhasil memanfaatkan adanya CPU (CentrallProcessing Unit) yang dapat mengkoordinasi seluruh kinera komputer. Lantas dari model rancangan ENIAC terciptalah komputer UNIVAC oleh RemingtonRand yang berhasil memprediksi pemilihan presiden.

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog Cah Kutawaringin. Terus Dukung Blog Cah Kutawaringin Dengan Cara Like Fanspage Cah Kutawaringin. Dan Jangan lupa Berkunjung Ke Blog Dundik.xyz untuk melihat Artikel lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here