Beranda Kesehatan Pewarna Rambut Akibatkan Penyakit Kanker

Pewarna Rambut Akibatkan Penyakit Kanker

105
0

Rambut merupakan mahkota bagi manusia, sebab rambut memiliki keindahan tersendiri bila di bandingkan dengan anggota tubuh lainnya. Rambut akan terlihat cantik jika ia di rawat dengan sebenarnya, yakni dengan memberikan vitamin secara teratur guna menjaga kesehatan agar tampil menawan. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memiliki rambut indah, contohnya dengan menyemirnya sehingga warna rambut tampak lebih mengkilap. Namun demikian ada efek lain yang harus diperhatikan dengan penyemiran rambut. Efek yang akan dirasakan yaitu dengan timbulnya bahaya penyakit kanker untuk jangka lama.

Kenapa kita harus menyemir rambut? Ada banyak hal yang di jadikan alas an mengapa kita harus menyemir rambut. Salah satu alasan yang sering di dengungkan yaitu penuaan usia. Dengan bertambahnya usia manusia maka ia akan mendapati tanda, seperti memutihnya rambut atau yang sering di sebutnya uban. Sebagai manusia yang ingin tampil modis tentu kita akan melakukan apa saja demi menjaga image, seperti perawatan rambut dari uban. Sebenarnya timbulnya uban di kepala kita tidak lantas tuanya umur, tapi ada banyak sebab yang menyebabkan perubahan pada rambut tersebut.

Apakah tidak berbahaya menyemir rambut bagi kesehatan? Sebenarnya jika kita melakukan penyemiran rambut hanya sekali dua kali dalam setahun sih nggak apa-apa, tapi jika dilakukan berlebihan dalam waktu pendek maka bukan tidak mungkin rambut kita akan menjadi rusak bahkan yang terparah ialah timbulnya penyakit kanker pada tubuh.

Timbulnya penyakit kanker atas penggunaan semir rambut di karenakan adannya bahan kimia yang terkandung dalam semir tersebut, dan zat-zat kimia tadi berbahaya bagi kulit kepala seabab ia mengandung racun.
Racun zat kimia pada semir rambut seperti nitrobenzene dan aniline akan dengan mudah terserap kulit kepala sehingga penumpukan zat berbahaya pada jaringan sel di tubuh semakin banyak dan dalam waktu tertentu bisa mengakibatkan timbulnya penyakit kanker.

Ada tiga jenis semir atau pewarna rambut yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

  • Pewarna temporer.

Pewarna jenis temporer ini akan menutupi permukaan rambut sehingga kelembapan kulit kepala tidak terjaga dengan baik. Namun begitu zat yang terkandung pada pewarna temporer tidak menembus ke dalam batang rambut sehingga bahaya akut tidak terjadi.
Pewarna temperorer akan bertahan selama satu sampai dua kali keramas. Oleh karena itu flek yang ada pada rambut bisa dengan cepat luntur, dan kesehatan rambut masih bisa terjaga.

  • Pewarna semi permanen.

Pewarna semi permanen ini tidak menembus ke dalam batang rambut. Biasanya pewarna semi permanen akan bertahan selama 5-10 kali keramas.

  • Pewarna permanen atau oksidatif.

Akan terjadi perubahan pada batang rambut yang di sebabkan oleh pewarna rambut permanen. Pewarna rambut jenis oksidatif bisa di sebutnya dengan coal-tar dyes, sebab ada beberapa bahan di dalamnya, seperti aromatic amines dan phenols. Pewarna permanen untuk rambut biasanya mengandung hidrogen peroksida (H2O2). Aromatic amines dan phenols yang bereaksi menjadi pewarna sehingga rambut menjadi lebih indah seperti yang di harapkan.

Terdapat 5.000 jenis zat kimia yang ada dalam semir rambut. Beberapa zat kimia tersebut akan menyebabkan terjadinya kanker, salah satunya ialah aromatic amines. Beberapa kanker yang di akibatkan oleh pewarna rambut, yaitu kanker kandung kemih, kanker payudara, leukemia dan lymphoma.
Demikian bahayanya semir atau pewarana rambut yang sering kita pergunakan untuk kecantikan dan keindahan.

SUPPORT !!
Dukung Blog Mas Anggading agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

Tinggalkan Balasan