Beranda Teknologi Perbedaan HDD dan SSD Pada Hosting Yang Perlu Kamu Tau!!

Perbedaan HDD dan SSD Pada Hosting Yang Perlu Kamu Tau!!

76
0

Selamat Datang Di Web Mas Anggading, Mungkin di antara kalian pernah melihat di sebuah penyedia hosting ada yang SSD dan ada juga yang HDD, Nah di antara kalian semua apakah tau tentang perbedaan HDD dan SSD ? Buat teman” yang belum tau pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang perbedaan HDD dan SSD pada sebuah hosting.

PERBEDAAN HDD DAN SSD

HDD (Hard Disk Drive)

perbedaan HDD dan SSD

Mungkin di antara kalian sudah tidak asing lagi terhadap HDD, HDD atau yang biasa kita sebut dengan hardisk ini mungkin sudah sering di temukan, apalagi pada komputer atau laptop yang kita pakai sekarang.

HDD atau Hard Disk Drive adalah hard drive tradisional yang fungsinya untuk menyimpan data. HDD ini di buat sejak pertama kali komputer di buat, lebih tepatnya lagi HDD ini sudah ada sejak tahun 1956, saat itu di perkenalkan oleh IBM

Cara Kerja HDD : Di dalam HDD atau harddsik ini terdapat disk yang berputar bentuknya mirip seperti VCD atau kaset yang terbuat dari baja. di dalamnya terdapat juga head hard disk yang berfungsi untuk membaca dan menyimpan data dari piring” yang selalu berputar dengan cepat.

Teknologi HDD ini masih menggunakan sistem mekanik dan paling sialnya tindakan mekanik in bisa menyebabkan waktu respon tertunda atau secara teknis hal tersebut sebagai Access Time. Mungkin secara umum tidak ada masalah, tapi bagaimana jika membicarakan dalam kontek webiste / Hosting?

Keuntungan Menggunakan HDD Hosting

Mungkin kalian pernah melihat tempat penyedia hosting, mungkin banyak di antaranya yang menggunakan HDD tempat penyimpanan data dengan kapasitas yang besar misalnya mulai dari 100 GB sampai 1 TB dan harganya pun relatif murah.

Kekurangan Menggunakan HDD Hosting

Untuk kekurangan menggunakan HDD hosting ini, Performanya sangat kurang memuaskan di bandingkan menggunakan SSD.

SSD (Solid State Drive)

perbedaan HDD dan SSD

SSD atau Solid State Drive ini fungsinya sama saja seperti HDD namun bedanya SSD ni menyimpan data di dalam Micro Chip. Karena tidak memiliki bagian yang bergerak untuk mencapai titik tertentu untuk membaca Data, SSD ini memiliki hampir tidak ada penundaan dalam melayani permintaan baca atau tulis.

Keuntungan Menggunakan SSD Hosting

Keuntungan dalam menggunakan SSD pasti kalian sudah tau, performa menggunakan SSD ini sangat baik di bandingkan HDD, terutama untuk website” menjalankan random data, penambahakn daya performanya pun bisa mencapai 100x lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

Kekurangan Menggunakan SSD Hosting

Apa sih kekurangannya? Padahal performa dalam menggunakan SSD hosting ini bagus, bahkan 100x lebih cepat dengan HDD. Walau performa cepat yang tetap saja ada kekurangan yaitu Harganya yang mahal. SSD Exsternal aja bisa sampai 1.5 Jt untuk 120 GB bagaimana untuk hosting? Pastinya pun mahal dan biasanya di tawarkan dengan ukuran yang kecil”.

Nah sekarang kalian seudah tau perbedaan HDD dan SSD pada sebuah hosting, Walau ada perbedaan kita tidak bisa mengatakan bahwa menggunakan SSD bagus dan menggunakan HDD jelek, yang penting mendapatkan Storage yang besar dengan harga yang murah dan mendapatkan performa yang bagus, tidak hanya itu sesuaikan dengan kebutuhan website kalian juga ya.

Demikianlah artikel tentang perbedaan HDD dan SSD pada sebuah hosting semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog Cah Kutawaringin. Terus Dukung Blog Cah Kutawaringin Dengan Cara Like Fanspage Cah Kutawaringin. Dan Jangan lupa Berkunjung Ke Blog Dundik.xyz untuk melihat Artikel lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here