Pentingkah Riset Keyword Untuk Membuat Artikel Blog ?

Posted on

Riset keyword adalah sebuah keahlian yang dibutuhkan oleh seorang blogger, kenapa ? Anda akan mengetahui kenapa riset keyword ini sangat penting, karena di artikel ini saya akan menjelaskan hal tersebut. Jadi silahkan baca artikel ini sampai tuntas.

Apa itu keyword ?

Sebelumnya keyword bisa diartikan sebagai “kata kunci”. Setiap keyword memiliki kualitas yang berbeda – beda dan tidak selamanya keyword tersebut berkualitas. Maka dibutuhkan riset keyword saat membuat artikel supaya Anda bisa menulis artikel seo yang berkualitas juga dan tidak buang waktu.

Sederhanya keyword adalah sebuah kata yang sering digunakan orang untuk mencari sesuatu, misalnya “cara mendapatkan uang” dengan memasukkan keyword tersebut, Anda akan disajikan beberapa artikel yang berkaitan dengan keyword tersebut.

Kenapa riset keyword penting ?

Riset keyword sangat penting untuk memulai membuat artikel, karena dengan melakukan riset keyword Anda akan mengetahui beberapa hal penting seperti :

  • Volume pencarian setiap bulannya
  • Persaingan keyword tersebut, mulai dari rendah, sedang, sampai tinggi
  • Hasil analisis trend keyword dalam satu tahun
  • Biaya Per Klik (BPK) dari keyword tersebut

Misalnya ketika kita ingin membuat artikel tentu artikel tersebut harus mengandung sebuah keyword supaya artikel tersebut bisa masuk ke halaman pencarian google. Nah dengan melakukan riset keyword dan telah mengetahui beberapa point penting diatas, Anda akan lebih mudah menargetkan sebuah artikel dengan keyword yang benar – benar cocok dengan blog Anda.

Cocok gimana maksudnya ?

Jadi setiap keyword itu memiliki volume penelurusan, persaingan, trend yang berbeda – beda. Jangan sampai Anda menggunakan keyword yang volume penelusuran tinggi tapi Anda harus memperhatikan persaingannya juga, karena semakin tinggi persaingan maka semakin susah artikel untuk masuk ke serp teratas.

Disamping itu juga manfaat lain dari riset keyword adalah memudahkan untuk meningkatkan seo sebuah blog dengan melakukan optimasi di keyword yang telah ditargetkan sebelumnya, hal ini bisa membuat blog semakin berkualitas dan bisa masuk ke serp teratas.

Bagaimana cara riset keyword ?

Ada berbagai cara untuk melakukan riset keyword, baik gratis maupun berbayar. Anda bisa memanfaatkan beberapa situs seperti :

  • Google Keyword Planner (berbayar)
  • Ahrefs (berbayar)
  • Semrush (berbayar)
  • KWFinder
  • Ubbersuggest
  • dan msaih banyak lagi

Setiap situs tersebut mempunyai fitur yang berbeda – beda dan enak nya lagi bila Anda menggunakan beberapa tool tersebut, Anda akan diberikan dengan Keyword Ideas (Long Tail Keyword) yang bisa Anda gunakan untuk artikel.

Demikianlah artikel yang dapat saya berikan tentang Riset Keyword untuk mengetahui lebih banyak artikel lainnya, kalian bisa klik di sini.

Loading...
Teguh RPG
J.K. Rowling (Novelis), “Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *