Beranda Materi Geografi Penjelasan Lengkap Tentang Ruang Lingkup Geografi

Penjelasan Lengkap Tentang Ruang Lingkup Geografi

8
0
Penjelasan Lengkap Tentang Ruang Lingkup Geografi – Salah satu materi dalam Geografi adalah kalian akan mempelajari tentang ruang lingkup geografi. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan ruang lingkup geografi ? Untuk lebih jelas seperti apa ruang lingkup geografi dan apa saja contoh ruang lingkup geografi simak penjelasannya pada artikel Penjelasan Lengkap Tentang Ruang Lingkup Geografi.
Penjelasan Lengkap Tentang Ruang Lingkup Geogafi
Penjelasan Lengkap Tentang Ruang Lingkup Geogafi

Penjelasan Lengkap Tentang Ruang Lingkup Geogafi

Seperti telah dikemukakan sebelumnya bahwa studi geografi meliputi analisa gejala fisik (alam) dan sosial (manusia), dan meliputi pula analisa penyebarannya, interelasinya, dan interaksinya dalam ruang. Melihat analisa gejala yang dipelajari, geografi selalu mempertanyakan apa (What) yang terjadi di permukaan bumi? Di mana (Where) ruang atau tempat terjadinya? Mengapa (Why) gejala tersebut terjadi? Kapan (When) waktu terjadi atau berlangsungnya ?
Siapa (Who) yang terlibat dalam gejala yang terjadi? Bagaimana (How) keterkaitan antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam, dan alam dengan alam yang berpengaruh terhadap kehidupan manusia, serta untuk kepentingan apa (What for) ?

Pokok – Pokok Telaah Geografi

Dengan demikian, ruang lingkup geografi cukup luas dan mendasar. Untuk melihat apa dan bagaimana ruang lingkup geografi, Daldjoeni mengemukakan pokok-pokok telaah geografi sebagai berikut.
a. Ukuran, bentuk, dan aneka gerakan bumi.
b. Persebaran serta posisi masa daratan dan wujud perairan.
c. Batuan, struktur dan berbagai relief permukaan bumi.
d. Air yang ada di berbagai samudra, lautan, serta seluk beluk gerakannya.
e. Pola persebaran dunia tumbuhan dan hewan.
f. Atmosfer dengan gejala-gejala di dalamnya serta pola-pola iklim yang terdapat di permukaan bumi.
g. Ras-ras umat manusia dan persebarannya yang berdasarkan unit kenegaraan.
h. Aneka bentuk kegiatan manusia dalam rangka menegakkan perekonomian.
i. Bermacam-macam ciri dan jenis pemukiman manusia yang ada.
j. Ciri-ciri sosial dan budaya masyarakat manusia
k. Pengaturan umat manusia secara politis dan relasi antarmereka.
Dari beberapa hal tersebut, jelaslah bahwa ruang lingkup geografi tidak terlepas dari aspek fisik dan aspek manusia yang menjadi obyek studinya. Dalam ruang lingkup inilah tercermin sifat karakteristik geografi sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan dan bidang studi yang berbeda dengan ilmu pengetahuan dan bidang studi lainnya.

Semoga dengan adanya Penjelasan Lengkap Tentang Ruang Lingkup Geografi ini pemahaman serta penguasaan kalian terhadap materi geografi semakin bagus terutama pada materi yang menyangkut ruang lingkup geografi. Sekarang kalian sudah jelas bukan apa itu ruang lingkup geografi ? Terimakasih telah membaca Penjelasan Lengkap Tentang Ruang Lingkup Geografi.
SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here