Beranda Pelajaran Kewirausahaan Pengertian SIUP Dan SITU Untuk Kewirausahaan

Pengertian SIUP Dan SITU Untuk Kewirausahaan

67
0

Selamat Datang Di Web Mas Anggading, Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan meteri Pelajaran Kewirausahaan atau yang biasa saya sebut dengan KWU yaitu tentang Pengertian SIUP Dan SITU, Langsung saja yuk kita menuju ke pembahasan.

pengertian siup dan situ

PENGERTIAN SIUP Dan SITU

a. Pengertian SIUP

Surat Izin Perdagangan atau yang biasa kita sebut dengan SIUP adalah surat izin yang di berikan oleh menteri atau pejabat yang di tunjuk kepada pengusaha untuk melaksanakan kegiatan usaha di bidang perdagangan dan jasa. Siup ini diberikan kepada para pengusaha baik perseorangan, firma, CV, PT, Koperasi, BUMN, dan lain sebagainya.

SIUP terdiri atas beberapa kategori di antaranya sebagai berikut :

  1. SIUP Kecil : SIUP ini wajib dimiliki oleh perusahaan atau perdagangan yang kekayaan bersihnya lebih dari Rp. 50.000.000 (Lima puluh Juta) sampai paling banyak Rp. 500.000.000 (Lima ratus Juta) ,ini tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  2. SIUP Menengah : SIUP yang satu ini wajib dimiliki oleh perusahaan perdagangan yang kekayaan bersihnya lebih dari Rp. 500.000.000 (Lima ratus Juta) sampai dengan paling banyak Rp. 10.000.000.000 (Sepuluh Milyar) , ini tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  3. SIUP Besar : SIUP besar ini wajib dimiliki perusahaan perdagangan yang kekayaan bersihnya lebih dari Rp 10.000.000.000 (Sepuluh Milyar) ini tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

FUNGSI SIUP

SIUP dapat di artikan dalam 4 Hal yakni :

  1. Untuk pengajuan pinjaman melalui CSR BUMN
  2. Pengajuan pinjaman bank lebih dari 50 Jt
  3. Bantuan modal/alat dari Negara

Cara Membuat SIUP Perseorangan :

  1. Datang ke PemKot/PemKab kebagian perijinan
  2. Mengurus SIUP, TDP, HO secara bersama.
  3. Biaya akan di tentukan oleh besar, luas lahan, jenis jalan tempat usaha, jumlah mesin, jumlah karyawan, dll.

Perkiraan biaya SIUP Perseorangan :

  1. Rp. 500.000 sampai Rp. 1.000.000

Syarat membuat SIUP Perseorangan :

  1. FC Sertifikat
  2. FC IMB / Perjanjian sewa menyewa
  3. FC PBB
  4. FC Npwp
  5. FC KTP

Adapun manfaat dari SIUP ini sendiri adalah untuk memudahkan masyarakat meminjam dana ke Bank maupun lembaga keuangan resmi lainnya. Nah di atas adalah pengertian dari SIUP sekarang kita lanjut ke pembahasan yaitu pengertian SITU

PENGERTIAN SITU

Pengertian SITU atau surat izin tempat usaha adalah surat yang dibuat untuk memperoleh ijin dari sebuah lokasi usaha, supaya tidak menimbulkan kerugian atau gangguan dari pihak lain. SITU ini merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh badan hukum setempat. ketika kalian ingin membuat sebuah usaha atau mendirikan bangunan perusahaan, kalian harus memiliki SITU terlebih dahulu. Surat ini akan satu dokumen dengan SIUP, nah untuk membuat sebuah usaha kalian harus mempunyai kedua surat tersebut.

Jika kalian mendirikan usaha tidak mempunyai SIUP dan SITU maka kalian akan ada sanksi yang di berikan. Apalagi usaha yang kalian bangun itu usaha dalam skala besar. Adapun cara membuat SITU adalah :

Cara Membuat SITU

Ada beberapa pertanyaan jika kalian akan membuat SITU. Ini akan ada hubunannya dengan pengertian SITU itu sendiri. Syaratnya berupa :

  1. Foto Copy Si Pembuatan
  2. Pas Foto Pemohon
  3. Pelunasan PBB
  4. Foto Copy IMB
  5. Denah Lokasi
  6. Sertifikat Tanah
  7. Surat pernyataan dari RT setempat
  8. dan masih banyak lagi.

Jika kalian ingin membuat SITU kalian harus menyiapkan semua berkas syarat yang di butuhkan. Kalian juga harus mengisi formulir surat permohonan, kalian juga harus membuat surat pernyataan dari masyarakat setempat, kelurahan dan kecamatan.

Kalian bisa masukan berkas tersebut ke tingkat kabupaten, Nanti merekalah yang akan membuat surat izin tempat usaha kalian. Saat ini sudah banyak sekali yang menyediakan jasa pembuatan SITU. Bahkan bisa dilakukan secara online jadi lebh mudah.

Proses pembuatan SITU ini tidak lama, jadi buat kalian yang ingin membangun usaha, kalian harus menyiapkan dokumen dengan sebaik mungkin. Supaya nantinya tidak ada masalah lagi kedepannya dan semuanya harus terurus dengan baik.

Nah demikianlah materi tentang pengertian SIUP dan SITU untuk kewirausahaan, jadi buat kalian yang masih bingung dengan pengertian SIUP dan SITU kalian bisa baca artikel ini atau kalian bookmark artikel ini. Semoga artikel tentang pengertian SIUP dan SITU ini bermanfaat buat kalian semua ya.

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here