Pengertian Penyakit Lupus Dan Gejalanya

Posted on
Pengertian Penyakit Lupus Dan Gejalanya . Penyakit ini merupakan penyakit yang belum diketahui pasti apa penyebabnya dan yang paling parahnya lagi penyakit tersebut tidak dapat disembuhkan.

Definisi Penyakit Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang menyebabkan inflamasi atau pembekakan pada organ-organ penting dalam tubuh. Pada penderita penyakit ini Sistem kekebalan pada tubuh yang berfungsi untuk melindungi dari bakteri dan virus justru menyerang sistem organ yang terdapat didalam tubuh sebab adanya tidak keseimbangan imunitas yang terjadi didalam tubuh maka penyakit lupus merupakan penyakit yang tidak menular namun mematikan. 
Pengertian Penyakit Lupus Dan Gejalanya
Penyakit ini sering menyerang usia remaja hingga 30 tahun. Selain itu, penderita penyakit lupus biasanya memiliki gejala yang berbeda-beda yang membuat penyakit lupus menjadi sulit untuk di indentifikasi. 

Gejala Penyakit Lupus

  1. Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
  2. Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
  3. Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.
  4. Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit lupus ini
  5. Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *