Pengertian Penelitian kualitatif

Posted on
Pengertian Penelitian kualitatif. Pada penelitian kualitatif yang menjadi instrumen utama adalah peneliti sendiri sehingga dapat menggali masalah yang ada dalam masyarakat. Penelitian berperan aktif dalam memuat rencana penelitian, proses, dan pelaksanaan penelitian, serta menjadi faktor penentu dari keseluruhan proses dan hasil penelitian. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Penelitian kualitatif serta waktu dalam melakukan penelitian kualitatif.

Definisi Penelitian kualitatif

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.

Menurut wikipedia penelitian kualitatif adalah merupakan penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis.

Penelitian kualitatif disebut juga penelitian naturalistik. Disebut kualitatif karena sifat data yang dikumpulkan bercorak kualitatif, bukan kuantitatif, karena tidak menggunakan alat-alat pengukur. Disebut naturalistik karena situasi lapangan penelitian bersifat “natural” atau wajar, sebagaimana adanya, tanpa dimanipulasi, diatur dengan eksperimen atau test.

Secara umum Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dilakukan secara utuh kepada subjek penelitian dimana terdapat sebuah peristiwa dimana peneliti menjadi instrumen kunci dalam penelitian, kemudian hasil pendekatan tersebut diuraikan dalam bentuk kata-kata yang tertulis data empiris yang telah diperoleh dan dalam hal ini pun lebih menekankan makna daripada generalisasi.

Metode penelitian kualitatif adalah metode yang berdasarkan pada filsafat postpositivisme, sedangkan untuk meneliti pada objek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi (gabungan). Analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekankan makna daripada generalisasi.

Penelitian kualitatif dilakukan ketika

  1. Bila masalah penelitian belum jelas, masih remang-remang atau mungkin malah masih gelap.
  2. Untuk memahami makna dibalik data yang tampak.
  3. Untuk memahami interaksi sosial.
  4. Untuk memahami perasaan orang.
  5. Untuk mengambangkan teori.
  6. Untuk memastikan kebenaran data.
  7. Meneliti sejarah perkembangan.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *