Pengertian Obeservasi Serta Keuntungan Dan Kekurangannya

Posted on
Pengertian Obeservasi Serta Keuntungan Dan Kekurangannya. Observasi Merupakan dasar semua ilmu pengetahuan. Para peneliti hanya dapat bekerja berdasarkan data, yaitu fakta mengenai dunia kenyataan yang diperoleh melalui observasi.

Definisi observasi

Menurut Sutrisno Hadi mengemukakan bahwa “observasi merupakan suatu proses yang kompleks, suatu proses yang tersusun dari pelbagai proses biologis dan psikhologis”.
Dikutip dari wikipedia pengertian observasi adalah aktivitas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang telah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian.
Secara Umum observasi adalah pengamatan yang dilakukan oleh orang dengan sengaja dan sistematis untuk memeperoleh data yang selanjutnya akan diproses untuk kebutuhan penelitian.

Jenis Observasi

  1. Observasi Langsung. Jenis observasi ini adalah pengamatan yang dilakukan langsung oleh pengamat (observer) pada objek yang diamati. Dalam Hal ini peneliti dapat mengamati objek dengan langsung sehingga bisa mendapatkan data sesuai yang dengan keadaan lapangan.
  2. Observasi Partisipatif. adalah pengamatan yang langsung dan ikut berperan dalam perilaku yang diamati. Dalam Hal ini Observasi partisipatif hampir sama dengan observasi langsung hanya, dalam observasi partisipatif ini peneliti juga ikut berperan dalam perilaku yang diamati.
  3. Observasi Tidak Langsung. Pengamatan tidak langsung adalah pengamatan yang dilakukan melalui media lain, seperti melalui alat elektronik; TV, Video, photo, cetak; gambar, peta, grafik, atau melalui orang; kelompok dan perorangan. Hasil pengamatan itu dicatat segala sesuatu hal yang berkenaan dengan masalah itu. Dalam Hal ini peneliti hanya melakukan pengamatan melalui media, dan hasil pengamatannya bisa dicatat yang berkenaan dengan masalah itu.

Keuntungan Observasi

  1. Dapat Mencatat hal-hal, perilaku pertumbuhan, dan sebagainya pada waktu kejadian itu berlangsung atau sewaktu perilaku itu terjadi
  2. Dapat memperoleh data data subjek secara langsung, baik yang dapat berkomunikasi secara verbal maupun tidak.

Kekurangan Observasi

  1. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk memperoleh hasil dari suatu kejadian.
  2. Pengamatan terhadap suatu fenomena yang berlangsung lama, tidak dapat dilakukan secara langsung.
  3. Adanya kegiatan-kegiatan yang tidak mungkin dapat diamati, seperti kegiatan yang bersifat peribadi.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *