Beranda Pelajaran Komputer Jaringan Pengertian Mac Address Pada Jaringan Komputer Beserta Contohnya

Pengertian Mac Address Pada Jaringan Komputer Beserta Contohnya

70
0

Seamat Datang Di Web Mas Anggading, Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan materi tentang apa itu mac address, dan pengertian mac address pada jaringan komputer. Media Access Control Address atau yang disebut dengan MAC Address ini adalah alamat fisik suatu jaringan seperti Ethernet Card pada komputer, Interface/port pada router dan node jaringan yang bersifat unik.

pengertian mac address

Fungsi dari MAC Address itu sendiri adalah sebagai identitas perangkat tersebut. Umunya MAC Address ini dibuat dan diberikan oleh pabrik NIC (Network Interface Card) dan di simpan secara permanen pada ROM di prangkat tersebut. MAC Adress juga biasa di sebut dengan Ethernet Hardware Address (EHA), Hardware Address, dan Physical Address.

PENGERTIAN MAC ADDRESS

Mac Address ini memiliki panjang 48 bit (6 byte). Format standar yang digunakan oleh MAC Address secara umum terdiri dari 6 kelompok yang masing” kelompok memiliki 2 digit hexadesimal. Masing” kelompok digit di pisahkan dengan tanda (-) atau (:) misalnya 01-23-45-67-89-ab atau 01:23:45:67:89:ab

Baca Juga : Pengertian LAN, WAN, MAN Pada Jaringan Dasar Secara Lengkap

Supaya komputer dan juga perangkat jaringan bisa berkomunikasi satu dengan yang lain, frame” data yang di kirim melalui jaringan harus memiliki MAC Address. Tetapi agar komunikasi jaringan lebih mudah dan sederhana digunakanlah yang namanya IP Address. Karena komunikasi jaringan ini menggunakan MAC Address maka alamat IP Address tersebutharus di terjemahkan ke MAC Address, Maka dari itu diciptakanlah yang namanya ARP (Address Resolution Protocol) yang bertugas untuk menerjemahkan IP Address menjadi MAC Address sehingga komputer pun bisa saling berkomunikasi.

Beberapa Teknologi yang menggunakan MAC Address 48 BIT adalah :

  • Ethernet
  • Bluetooth
  • FDDI
  • ATM
  • FireWire
  • ZigBee Networks
  • 802. 11 wireless networks
  • IEEE 802.5 token ring

Nah demikianlah materi yang saya berikan tentang Pengertian MAC Address pada jaringan komputer. Semoga buat kalian yang telah membaca artikel ini sudah tidak bingung lagi apa sih MAC Address itu, karena kita sudah menjelaskan sedikit di atas tentang pengertian MAC Address pada jaringan komputer.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua yaa..

Artikel tentang Teknologi kalian bisa dapatkan di Ubinterior.

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here