Beranda Pelajaran Komputer Jaringan Pengertian LAN, WAN, MAN Pada Jaringan Dasar Secara Lengkap

Pengertian LAN, WAN, MAN Pada Jaringan Dasar Secara Lengkap

84
0

Selamat Datang Di Web Mas Anggading, Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit materi untuk kejuruan TKJ yaitu tentang pengertian LAN MAN WAN dan internet yang perlu kalian ketahui.

Sebenarnya jaringan komputer secara umum di bagi menjadi 5 bagian yaitu LAN (Local Area Network) , MAN (Metropolitan Area Network) , WAN (Wide Area Network) , Internet dan juga Wireless. Fungsi dari ke 5 jenis jaringan komputer itu sama yitu menghubungkan berbagai perangkat jaringan untuk berkomunikasi dan berbag sumber dayanya saja.

Hanya saja yang membedakan disini adalah dari letak geografisnya (Mencakup wilayah dan area jaringan). Nah pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan tentang 5 jenis jaringan komputer menurut sumber” yang saya dapatkan baik dari pelajaran SMK N Sukoharjo Pringsewu Lampung dan Softcopy yang saya miliki.

PENGERTIAN LAN MAN WAN DAN INTERNET

1. LAN (Local Area Network)

pengertian LAN MAN WAN dan internet

Local Area Network atau yang biasa kita sebut dengan LAN ini merupakan jenis jaringan komputer dengan mencakup wilayah lokal saja. Dengan hanya menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sderhana seperti hanya menggunakan kabel UTP (Unshieled Twisted Pair), Hub, Switch, Router dan yang lain sebagainya. Contoh di lingkungan yang menggunakan jaringan LAN adalah Warnet.

Keuntungan perusahaan yang menggunakan jaringan LAN ini adalah biaya yang dikeluarkan cukup sedikit, namun kerugiannya dari menggunakan jaringan LAN ini tidak bisa mencakup lebih luas dan hanya bisa di area lokal saja yang dekat dengan sever nya.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

pengertian LAN MAN WAN dan internet

Metropolitan Area Network atau yang kita sebut dengan MAn adalah salah satu jenis jaringan komputer yang lebih canggih dan luas dari pada jaringan LAN. Disebut Metropolitan karena jaringan ini saling menghubungkan dari kota 1 ke kota yang lainya. Untuk mendapatkan jaringan MAN ini biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya seperti Jaringan Depdiknas antar kota atau wliayah.

3. WAN (Wide Area Network)

pengertian LAN MAN WAN dan internet

Wide area network atau yang biasa di sebut dengan WAN ini, merupakan jaringan yang sangat luas dan lebih canggih dari pada jenis jaringan yang ada di atas sebelumnya. Teknologi jaringan WAN ini biasa di gunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari suatu benua ke benua yang lainnya.

4. Internet

pengertian LAN MAN WAN dan internet

Internet mrupakan suatu jaringan global yang mendunia. Karena internet merupakan jaringan komputer yang terhubung secara mendunia sehingga komunikasi dan transfer data tau file menjadi lebih mudah. Internet bisa di katakan perpaduan antara berbagai jenis jaringan komputer beserta topologi dan tipe jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.

5. Wireless

pengertian LAN MAN WAN dan internet

Wireless merupakan jaringan komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan oleh wireless adalah gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan microwave. Wireless ini difungsikan kedalam jaringan LAN , MAN , maupun WAN, Wireless ini ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.

Nah demikianlah materi pelajaran tentang pengertian LAN MAN WAN dan internet yang sudah kita bahas. Semoga pelajaran ini bermanfaat buat kita semuanya ya.

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here