Pengertian Gaya Listrik Serta Rumusnya

Posted on
Pengertian Gaya Listrik Serta Rumusnya. Untuk membuat benda netral menjadi bermuatan listrik dengan cara menggosok benda satu dengan benda lain. Bila dua benda saling digosokkan maka elektron dari salah satu benda akan berpindah ke benda lain sehingga benda yang satu kekurangan elektron dan benda lain kelebihan elektron. Pemberian muatan dengan cara menggosok ini dapat menimbulkan gaya listrik. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian gaya Listrik.

Definisi Gaya Listrik

Gaya listrik merupakan gaya yang ditimbulkan oleh muatan listrik suatu benda. Contoh gaya listrik terjadi ketika sisir plastik yang digosokkan pada rambut kering dapat menarik potongan-potongan kertas kecil. Sisir plastik yang telah digosok-gosokkan pada rambut kering akan bermuatan listrik, sehingga penggaris dapat menarik serpihan kertas tersebut. Gaya yang ditimbulkan oleh muatan listrik disebut gaya listrik.

Seperti dikutip dari wikipedia. Gaya listrik adalah gaya yang dialami oleh objek bermuatan yang berada dalam medan listrik. Rumusan gaya listrik kadang sering dipetukarkan dengan hukum Coulomb, padahal gaya listrik bersifat lebih umum ketimbang hukum tersebut, yang hanya berlaku untuk dua buah muatan titik./ gaya yang dimiliki oleh benda bermuat listrik.

Di sekitar benda bermuatan listrik terdapat medan listrik, demikian juga halnya dengan benda yang bermuatan listrik statis (tidak mengalir). Medan listrik merupakan daerah di sekitar benda bermuatan listrik, di mana gaya listrik berupa tarikan masih bekerja. Benda-benda tertentu yang berada di dalam medan listrik akan ditarik oleh benda bermuatan listrik tersebut. Apabila suatu benda berada di dalam medan listrik, maka akan terjadi proses perpindahan muatan listrik. Gaya listrik statis dimanfaatkan untuk membersihkan debu pada kursi beludru, baju wol, lantai berkarpet, dan lain-lain.

Rumus gaya listrik

Jika dinyatakan dalam persamaan matematis, gaya listrik dapat dinyatakan dalam persamaan berikut ini : Dimana q merupakan muatan objek dan E adalah medan listrik. Medan listrik sendiri merupakan efek yang ditimbulkan oleh keberadaan muatan listrik, mislanya elektron, ion atau proton dalam ruangan dan lingkungan di sekitarnya. Medan listrik sendiri mempunyai satuan Newton per Coulomb atau N/C yang pada umumnya berkaitan erat dengan gaya listrik ataupun muatan listrik.

Gaya listrik, sebagaimana umumnya gaya, dilambangkan dengan huruf F atau biasa diberi indeks kecil di bawah E (electric) atau L (listrik).

Pengertian Gaya Listrik Serta Rumusnya

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Gaya_listrik
http://ujiansma.com/gaya-listrik
.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *