Beranda Pelajaran B. Indonesia Pengertian Edukasi, Macam – Macam Edukasi, Dan Manfaat Edukasi

Pengertian Edukasi, Macam – Macam Edukasi, Dan Manfaat Edukasi

140
2

Selamat Datang Di Web Mas Anggading , Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah pembelajaran tentang pengertian edukasi, macam – macam edukasi, dan juga manfaat edukasi. Siapa yang sudah tau tentang Pengertian Edukasi, Macam – Macam Edukasi, Dan Manfaat Edukasi. Buat yang belum tau yuk kita simak ulasan berikut ini :

PENGERTIAN EDUKASI

Pengertian edukasi adalah proses pembelajaran yang dilakukan baik secara formal maupun tidak formal yang bertujuan untuk mendidik, memberikan ilmu pengetahuan dan mengembangkan potensi diri pada manusia dan mewujudkan proses pembelajaran itu dengan lebih baik. Edukasi ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan kecerdasan, kepribadian manusia untuk memiliki akhlak yang mulia, mampu mengendalikan diri, memiliki keterampilan, dan kreativitas yang tinggi, dan tentunya untuk mendidik manusia menjadi lebih baik lagi.

Pengertian Edukasi

Kata EDUKASI lebih di kenal di kalangan umum sebagai pendidikan. Edukasi ini di mulai dari sejak bayi sampai seumur hidupnya. edukasi ini tidak harus dilakukan di lingkungan formal seperti sekolah atau perguruan tinggi, namun edukasi ini juga bisa dilakukan pada lingkungan yang tidak formal seperti lingkup yang sederhana yaitu dalam keluarga bisa terjadi interaksi antara anak dan juga orang tua, sejatinya edukasi atau pendidikan ini sudah di berikan terlebh dahulu oleh orang tua kita sejak kita masih bayi, seperti mengajak kita berbicara, mengajari kita berjalan dan lainnya.

Sedangkan dalam lingkungan formal, edukasi sering kali di lakukan di sekolah-sekolah, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah mengeah akhir hingga ke perguruan tinggi. Sekolah adalah salah satu sarana edukasi yang memberikan manfaat yang sangat banyak kepada peserta didiknya, seperti memberi pengetahuan, melatih kedisiplinan, mengembangkan karakter yang baik, dan melatih para peserta didik untuk memiliki keterampilan dan kreativitas yan tinggi. Edukasi atau pendidikan ini merupakan elemen yang sangat amat penting bagi suatu bangsa, karena kualitas pendidikan dalam satu bangsa akan mempengaruhi keberadaan bangsa tersebut apakah akan maju atau mundur.

MACAM MACAM EDUKASI

Edukasi terdiri dari beberapa jenis, tergantung tujuan kegiatan dalam edukasi tersebut. Di sini saya akan menjelaskan beberapa macam edukasi kepada teman teman semua.

Edukasi Kesehatan : Edukasi kesehatan adalah proses pembelajaran yang di berikan oleh narasumber yang kredibel kepada para peserta didiknya, Dimana seseorang belajar tentang kesehatan, seperti bagaimana menjaga kesehatan yang baik, hal hal yang harus di lakukan agar kesehatan terjaga, dan yang lebih khusus lagi bagaimana cara menjaga kesehatan diri mereka masing”. Disinilah akan terjadi interaksi narasumber dan peserta didik, narasumber ini bertugas untuk memberikan ilmu pengetahuannya seperti Kedokteran, Kebidanan, Farmasi dan lain lain.

Edukasi Bisnis : Edukasi bisnis adalah sebuah proses pembelajaran yang mengajarkan tentang bagaimana membangun suatu bisnis yang baik, mengelolanya, dan juga cara memajukan bisnis tersebut. Disini narasumber bertugas memberikan ilmu pengetahuannya seputar bisnis kepada peserta didiknya contohnya naramsumber konsultan bisnis atau pengusaha sukses.

Edukasi Gizi : Edukasi gizi adalah proses dimana seorang narasumber yang memberikan ilmu pengetahuannya kepada peserta didiknya tentang apa saja kandungan nutrisi dan zat yang terkandung dalam suatu makanan & minuman dan juga manfaat gizi tersebut bagi kesehatan.

Edukasi Bencana Alam : Edukasi bencana alam adalah suatu proses pembelajaran yang berkaitan dengan bencana alam, seperti bagaimana aksi tanggap darurat bencana alam yang harus dilakukan jika bencana alam tersebut datang, seperti Basarnas & BNPB

Edukasi Lingkungan : Edukasi lingkungan ini adaah proses ebuah pembelajaran yang berkaitan dengan lingkungan alam di bumi ini, seperti memberikan ilmu membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah itu sendiri, serta bagaimana cara menanam pohon beserat cara merawatnya dengan baik.

MANFAAT EDUKASI

Kegiatan edukasi ini sangat memberikan banyak manfaat buat kta semua, seperti memberikan ilmu pengetahuan yang sangat luas, mengembangkan kepribadian manusia menjadi lebih baik lagi, menanamkan nilai nilai positif bagi manusia, dan untuk melatih manusia mengembangkan bakat yang dia punya untuk hal hal positif.

Demikianlah artikel saya seputar pengertian edukasi, macam – macam edukasi, dan juga manfaat dari edukasi tersebut. Semoga kita semua menjadi seseorang yang berguna bagi bangsa kita.

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

2 KOMENTAR

  1. Bicara tentang edukasi atau pendidikan ini amat luas cakupannya. Gak berhenti smp di sini aja. Tp bisa dikembangkan lg dlm ruang lingkup yg lebih luas. Seperti dilihat dr segi parenting, sekolah tingkat dasar smp pasca perguruan tinggi, pendidikan di keluarga, pendidikan formal, informal, & nonformal. Serta masih banyak sudut pandang lain yg bisa dibahas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here