Beranda Informasi Umum Cara Menghubungkan Internet Menggunakan Arus Listrik Dengan Mudah

Cara Menghubungkan Internet Menggunakan Arus Listrik Dengan Mudah

132
0

Selamat Datang Di Web Mas Anggading , Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah trick yaitu tentang cara mengubungkan internet dengan arus listrik. Bagaimana caranya ? Yuk kita simak ulasan berikut ini ;

Mengubungkan Internet Dengan Arus Listrik

Mungkin buat kalian semua terasa aneh mendengar ini, Kok bisa arus listrik buat arus internet ? Ya memang nyata nya bisa, tapi hanya 1 jalur arus listrik ya. Misalnya jika kalian ingin internetan di ruangan yang berbeda namun ingin menggunakan LAN kalian bisa gunakan trick ini. kenapa tidak menggunakan wifi saja ?

Mungkin saja jika kalian lagi di luar tidak tau pasword wifi nya kalian tinggal colokan kabel LAN menggunakan sebuah alat yaitu Power Line . Apa sih Power Line itu ? 

Power Line 

Power line merupakan teknologi terbaru dimana dalam satu gedung terdapat banyak ruangan yang bisa mengakses internet tanpa perlu banyak kabel yang terpasang. Kalian juga tidak perlu repot” untuk menjebol sebuah dinding untuk memasukan kabel jaringan dari satu ruangan ke ruangan yang lain.

Walapun saat ini sudah ada teknologi wireless, saat AP berada di ruangan berbeda data yaang di kirim akan tersendat-sendat karena banyak nya media yang menghalanginya.

Berbeda dengan Power Line, Kabel listrik akan berfungsi sama halnya seperti kabel jaringan, Jadi di saat kita menggunakan Power Line, kabel listrik akan berperan sebagai pemasok daya dan juga media transfer data. Banyak sekali PowerLine yang di jual di pasaran, salah satu brand yang tidak asing lagi yaitu TP-Link. jarak yang di berikan oleh PowerLine ini juga cukup jauh yaitu 200 – 300 Meter dan harga PowerLine juga cukup murah, tergantung dari kecepatan transfer data dan alat PowerLine tersebut. 

Mengubungkan Internet Dengan Arus Listrik

Nah langsung saja kita praktekan langkah langkahnya, disini saya menggunakan PowerLine tipe TP-Link TL-PA 4010 

  • Langkah pertama, kalian siapkan 2 PowerLine A & B, dan 2 buat kabel Stright dengan ukuran/panjang secukupnya.
  • Jika sudah kalian bisa masukan kabel Stright tadi ke PowerLine A

Mengubungkan Internet Dengan Arus Listrik

  • Jika sudah kalian bisamasukan ujung kabel stright yang terpasang di PowerLine A tadi ke Router/switch/hub, yang penting ada akses internetnya.

Mengubungkan Internet Dengan Arus Listrik

  • Jika sudah, kalian bisa masukan PowerLine tersebut ke Stop Kontak, Jika ada terminal / colokan tambahan, usahakan PowerLine terlebih dahulu baru Colokan terminal

Mengubungkan Internet Dengan Arus Listrik

  • Jika sudah kalian tekan tombol pair, Dan biarkan lampu LED nya berkedip-kedip.
  • Masih sama dengan 1 jalur listrik, masukan kabel stright yang ke 2 ke dalam PowerLine B
  • Dan masukan ke Stop Kontak

Mengubungkan Internet Dengan Arus Listrik

  • Jika sudah, kalian bisa tekan kembali Tombol pair sampai ketiga lampu LED nya menyala
  • Lalu masukan ujung kabel stright tadi ke laptop/komputer/router wifi.

Mengubungkan Internet Dengan Arus Listrik

  • Jika sudah kalian bisa samakan alamat IP komputer/laptop ke router yang ada pada PowerLine A. Jika 3 lampu led tidak menyala, kalian bisa menekan tombol pair pada PowerLine A dan B saja.

Nah bagaiaman, cukup mudah kan ? Jadi buat kalian dalam 1 gedung kalian tidak perlu lagi tarik kabel panjang” dan membobol tembok untuk memasukan kabel, Tinggak kalian gunakan power line ini agar terlihat lebih praktis lagi.

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here