Beranda Bisnis 6 Cara Memulai Bisnis Toko Online Untuk Pemula

6 Cara Memulai Bisnis Toko Online Untuk Pemula

133
0

Selamat Datang Di Web Mas anggading , cara memulai bisnis toko online untuk pemula – mungkin di antara kalian pembaca setia web mas anggading ingin mempunyai sebuah toko online, tapi bingung ingin memulainya dari mana? Tenang di kesempatan kali ini mas anggading akan memberikan tips buat kalian yang ingin memulai bisnis online shop untuk pemula.

Sekarang sudah banyak sekali anak muda sampai orang tua yang memulai bisnis online shop namun masih asal”an. Tidak sedikit dari mereka pun yang fakum tidak jualan lagi, perlu kalian ketahui bahwa untuk seorang pemula memulai bisnis online shop itu tentu bukan hal yang mudah, maka jika kalian ingin membuka online shop ada harus menyiapkan dengan matang.

Berbagai masalah desain, penanaman, produk yang di jual, hosting, domain dan pembayaran adalah masalah klasik yang perlu di hadapi oleh seorang pemula yang ingin membuat online shop. Untungnya di era digital seperti sekarang ini, untuk memulai bisnis online jauh lebih mudah dan dapat dimulai tanpa pengetahuan coding dan desain website lainya, karena adanya software pembuat website toko online seperti jejualan. Jika kalian ingin memulai online shop kalian juga bisa menggunakan jasa pembuatan website toko online bagi kalian yang sulit belajar mengenai hal hal teknologi website dan ecommerce.

Berikut langkah langkah bagaimana cara memulai toko online untuk pemula, Sebelum kita lanjut membaca kalian perlu tau tentang apa itu Tanda-tanda Munculnya Revolusi Industri 4.0?

MEMULAI BISNIS TOKO ONLINE UNTUK PEMULA

1. Tentukan Barang yang Di Jual

memulai bisnis toko online untuk pemula

Dalam memulai bisnis toko online hal yang harus kalian siapkan pertama adalah tentukan barang yang akan di jual. Jika kalian membuka online shop tapi kalian sudah mempunyai toko fisik kalian bisa lewatkan hal ini. Untuk seorang pengusaha pemula, menentukan barang yang akan di jual di online menjadi suatu tantangan yang sering menjadi hambatan, karena seringkali terbentur dengan perasaan bahwa barang tersebut mempunyai persaingan yang ketat.

Perlu kalian ingat, mempunyai persaingan yang ketat bukan berarti kalian tidak mempunyai peluang untuk menjual produk kalian. Jika kalian mempnyai sebuah ide atau strategi yang bisa meningkatkan pelayanan, kualitas, atau presepsi terhadap produk tertentu maka jauh lebih baik kalian memilih untuk menjual produk tersebut dari pada menjual produk berdasarkan trend.

Maka dari itu, kalian bisa cari tau produk apa yang sesuai dengan passion kalian dan ketahui bagaimana cara meningkatkan kualitas, pelaanan, atau presepsi untuk produk yang akan kalian jual.

2. Memberi Nama Online Shop

memulai bisnis toko online untuk pemula

Setelah kalian mengetahui barang apa saja yang akan kalian jual, maka langkah selanjutnya adalah kalian memberikan nama untuk toko online kalian. Membuat nama toko online itu tidak mudah, jika kalian ingin membangun bisnis yang berkelanjutan kalian harus memilih nama yang tepat untuk membangun merk toko online kalian.

Nama dalam sebuah toko online adalah identitas penting untuk bisnis kalian, Nama toko online akan mencerminkan merek dan presepsi pelanggan terhadap apa yang kalian jual, bagaiamana pelayanannya, dan bagaimana kualitas produk yang kalian jual.

Selain itu juga, kalian harus membuat nama toko online kalian yang unuk, yang mudah di ingat, dan juga mempunyai kesan dengan identitas merek nya. Jika kalian kesulitan, kalian bisa menggunakan metode brainstroming dengan mengkombinasikan da kata yang mencerminkan produk yang kalian jual. Kalian juga bisa memilih dengan nama yang sederhana dan singkat agar mudah di ingat.

3. Mendesain Logo Toko Online

memulai bisnis toko online untuk pemula

Langkah selanjutnya kalian harus membuat logo untuk toko online kalian, Jika kalian mempunyai keahlian desain kalian bisa mencoba membuat logo toko online sendiri dengan menggunakan typography yang menarik dan sedikit menggunakan Canva.

Namun, jika kalian tidak mempunyai keahlian desain, kalian bisa menggunakan jasa NDM Design untuk mendesain logo kalian, untuk harga sesuai kesulitan loh ya.

4. Membuat Toko Online

memulai bisnis toko online untuk pemula

Setelah kalian menemukan barang yang akan kalian jual, lalu kalian sudah menentukan nama toko, dan juga logo toko online nya. Langkah selanjutnya kalian membuat toko online. Jika kalian ingin membuat website toko online sendiri kalian bisa menggunakan jasa pembuatan toko online, Atau jika tidak kalian bisa mnggunakan marketplace sperti Bukalapak, TokoPedia, Shoope, dan lainnya.

5. Menambahakan Deskripsi dan Foto Barang

memulai bisnis toko online untuk pemula

Setelah selesai membuat toko online, sebelum memulai berjualan kalian harus melengkapi terlebh dahulu informasi tentang barang yang akan kalian jual. Foto barang yang akan kalian jual sebaik mungkin, dan jangan lupa kalian berikan deskripsi barang yang akan kalian jual, kalian juga perlu menambahkan informasi yang lengkap mulai dari bahan, cara penggunaan, ukuran, fitur”, dan juga garansi jika ada.

6. Melakukan Promosi Barang 

memulai bisnis toko online untuk pemula

Langkah terakhir kalian adalah melakukan promosi, promosi, dan terus promosi, Kalian bisa mempromosikan barang terbaru kalian melalui banyak media sosial, mulai dari facebook, instagram, dan yang lainnya. Perlu di ingat bahwa mmbangun merek diperlukan waktu yang tidak sebentar, kalian perlu melakukan promosi secara teratur dan konsisten sehingga orang lain mengenal toko online kalian.

Selain menggunakan media sosial kalian juga bisa mendatangkan pengunjung secara organik, dengan cara kalian menulis artikel di blog toko online kalian, Pastikan artikel yang kalian tulis sesuai dengan kaidah SEO yang memudahkan orang lain menemukan artikel kalian di mesin pencari google. Jika kalian mempunyai budget kalian bisa mempromosikan berbayar dengan Facebook atau Adwords.

Nah di atas adalah langkah langkah bagaimana memulai bisnis toko online untuk pemula, oh ya tidak kalah penting lagi jangan lupa untuk selalu Berdoa, agar toko kalian bisa ramai. Jika kalian masih mengalami kebingungan kalian bisa bertanya dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here