Sabtu , Juni 23 2018
Home / Kesehatan / Makanan Yang Harus Di Hindari Untuk Penderita Asam Lambung

Makanan Yang Harus Di Hindari Untuk Penderita Asam Lambung

Halo sahabat ku semua, semoga di antara kalian nggak ada yang memiliki penyakit ya, saya doakan kalian semua sehat selalu dan selalu di lancarkan rezeki nya,, Amiiiin.. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan hal yang tidak boleh di makan saat kalian mempunyai asam lambung. Kenapa saya memberikan ini, Yaps! Karena saya pernah merasakan asam lambung ini. Semoga di antara kalian tidak ada yang mempunyai penyakit asam lambung ya.

Yang Tidak Di Perbolehkan Saat Mempunyai Penyakit Asam Lambung

Banya sekali larangan untuk si penderita asam lambung ini, pokok nya sangat tidak mengenakkan lah ya, mau makan harus hati hati dalam memilih makanannya. Nah makanan apa yang harus di hindari ?

  • Cokelat

Mungkin bagi Anda yang tidak menyukai cokelat, tidak masalah untuk menghindari makanan yang satu ini. Namun, jika Anda penyuka cokelat, ini adalah kabar buruk. Coklat memang menggoda, namun berikut ini adalah beberapa alasan ia dapat memicu refluks asam lambung :

  1. Cokelat mengandung kafein dan stimulan lainnya yaitu theobromine, yang dapat menyebabkan refluks
  2. Coklat juga mengandung lemak yang tinggi, dan lemak dapat menyebabkan refluks
  3. Coklat juga tinggi akan cocoa, hal ini juga menyebabkan refluks

Dark chocolate mungkin tidak seburuk milk chocolate yang tinggi akan lemak, namun dua hal lainnya tetap bisa memicu asam lambung.

  • Soda

Selain membuat perut kembung, soda dan minuman berkarbonasi dapat memicu peningkatan asam lambung Anda. Gelembung soda dari minuman berkarbonasi dapat menyebar ke seluruh perut dan hal ini memicu peningkatan asam lambung tersebut. Bahkan soda yang juga mengandung kafein dapat membuat kondisi asam di lambung semakin buruk. Anda harus menghindarinya jika tidak ingin mengalami mual, panas lambung, dan mulas.

  • Makanan Yang DI Goreng

Makanan yang digoreng diketahui juga dapat memicu refluks asam lambung. Makanan ini dikaitkan dengan panas lambung. Gejala yang mungkin dialami penderita adalah nyeri dada. Selain itu, makanan yang digoreng juga dikenal sebagai pemicu kolesterol

  • Alkohol

Sama seperti minuman bersoda, bir, anggur, dan minuman keras lainnya dapat berkontribusi menyebabkan peningkatan refluks asam lambung. Alkohol dipercaya dapat merelaksasi katup di bawah esofagus (menyatu dengan lambung) yang dapat menyebabkan asam lambung. Namun, ada beberapa minuman yang beralkohol yang tidak terlalu memiliki kandungan asam tinggi. Alternatif yang bisa dijalani adalah Anda bisa mengonsumsi segelas cocktail atau anggur, tetapi hindari jus jeruk atau soda dalam satu hari tersebut.

  • Susu Berlemak Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, semua makanan yang berlemak tinggi dapat menyebabkan refluks asam lambung. Baik susu, mentega, atau keju memiliki kandungan lemak yang kurang lebih sama tinggi. Jadi, jika Anda penggemar keju dan mentega, serta memiliki masalah penyakit asam lambung, sebaiknya Anda harus mengorbankannya. Tapi tenang dulu, Anda juga memiliki alternatif menggunakan bahan tersebut sebagai perasa untuk makanan saja, bukan sebagai bahan utama. Tentu saja versi yang rendah lemak akan lebih baik.

  • Daging Tinggi Lemak

Anda juga perlu menghindari memakan daging-daging tinggi lemak secara berlebihan. Daging apa saja? Daging sapi, babi dan domba perlu dihindari, sebab daging akan lama berada di dalam lambung, sehingga dapat meningkatkan refluks. Namun, Anda tetap membutuhkan daging, karena nutrisinya untuk tubuh. Alternatif yang bisa Anda lakukan adalah membuang lemak dari daging, dan makanlah daging hanya seminggu sekali.

  • Kafein

Jadi Anda harus hindari meminum kopi berkali-kali dalam sehari, satu cangkir kopi mungkin masih dapat ditolerir. Bagi Anda yang tadinya tidak memiliki asam lambung pun, ketika mengonsumsinya berkali-kali, Anda bisa berisiko mengalami peningkatan refluks. Kafein tidak hanya ditemukan pada kopi, tetapi juga pada teh. Namun, Anda bisa mengonsumsi teh herbal seperti chamomile sebab teh herbal biasanya tidak mengandung kafein.

  • Tomat

Apakah Anda tidak bisa makan jika tidak memakai saus tomat? Sayang sekali, jika lambung Anda bermasalah, sebaiknya Anda menghindari saus tomat. Buah ini mengandung sitrat dan asam malat yang dapat meningkatkan asam lambung. Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak tomat, asam tersebut dapat mengalir ke kerongkongan. Tidak ada alternatif lain, sebab ketika Anda menyajikan tomat dengan cara memanggangnya pun, ini tidak mengurangi asam tersebut.

Nah di atas itu adalah hal hal atau makanan yang tidak di perbolehkan atau di hindari jika kalian mempunyai penyakit asam lambung. Makanya sayangilah diri kita dan kesehatan kita ya ^_^

 

 

Sumber Refresnsi : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/makanan-pemicu-asam-lambung/

About Gusti Dewa Anggading

Terima Kasih, Telah mengunjungi situs cahkutawaringin.id. Semoga artikel yang ada di dalam situs cahkutawaringin.id bermanfaat buat kita semua. Dan jangan lupa untuk mengisi kotak langganan melalu E-Mail untuk mendapatkan update postingan terbaru.

Check Also

4 Makanan Yang Ampuh Untuk Hilangkan Jerawat

Halo kawan semua, Jerawat kerap membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Muncul nya bisa kapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *