Beranda Blogspot Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan HTTPS Di Blog

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan HTTPS Di Blog

154
0

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita apa itu HTTP? Teman teman ada yang tau apa itu HTTP ? Buat yang belum tau HTTP adalah Hypertext Transfer Protocol yang merupakan protokol untuk mengatur komunikasi antara client dan server. Dalam hal ini, client adalah browser atau perangkat yang dapat menampilkan konten web. Sedangkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari HTTP. Nah dalam sedikit penjelasan tersebut berarti HTTPS mempunyai tingkat aman dari pada HTTP. Lalu apa perbedaan dari HTTP dengan HTTPS ? Perbedaan utama yang terdapat pada HTTP dan HTTPS adalah terhadap penggunaan port. Pada HTTP, port yang digunakan adalah port 80. Sedangkan untuk HTTPS, port yang digunakan adalah 443. Dengan menggunakan HTTPS, informasi akan lebih aman karena dilakukan enkripsi pada pengiriman informasi. Informasi yang dikirim pun hanya akan dapat diakses oleh client dan server akhir. Nah sekarang kita sudah tau tentang sedikit perbedaan dari HTTP dengan HTTPS. Sekarang kita lanjut ke pembahasan, Apa si kelebihan dan kekurangan menggunakan HTTPS di blog ?

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan HTTPS Di Blog

Walaupun menggunakan HTTPS ini tingkat amannya lebih tinggi dari HTTP tapi ada yang namanya kelebihan dan juga kekurangannya, yuk kita ulas di bawah ini :

Kelebihan HTTPS

  • Keamanan : Seperti yang dijelas sebelumnya, HTTPS menggunakan protokol SSL dimana terdapat tiga tingkat pengamanan yang akan menjamin keamanan data selama proses komunikasi terjadi antara client dengan server.
  • Lebih Terpercaya : Dengan keamanan yang terjamin, tentu akan berimbas langsung kepada tingkat kepercayaan pengunjung atau konsumen bagi website ecommerce. Orang tidak akan ragu untuk mengirimkan data diri dan data sensitif lainnya ke web server.
  • SEO : Tak bisa dipungkiri, akhirnya mesin pencari akan lebih mengutamakan website yang keamanannya terjamin untuk ditampilkan pada halaman hasil pencarian, yakni website yang sudah dipasangkan protokol ssl. Google sebagai raksasa search engine juga telah mengeluarkan pernyataannya terkait diutamakannya website yang menggunakan protokol HTTPS

Kekurangan HTTPS

  • Website Lebih Lambat : Pada website yang memiliki kualitas hosting bagus, penggunaan HTTPS tentu terasa tidak akan memperlambat website anda sama sekali. Tapi bagi website yang menggunakan server hosting standar, tentu akan berpengaruh pada kecepatan akses website. Tiga layer keamanan akan menjadi proses tambahan sebelum data bisa ditampilkan ke client, dan tentunya ini juga akan membutuhkan waktu tambahan juga.
  • Pengunjung Website Menurun : Penurunan penunjung bisa bersifat sementara, bisa juga bersifat tetap. Mesin pencari akan melakukan reindex setelah pemasangan protokol HTTPS, sehingga terjadi penurunan visitor website sementara. Jika didalam website yang dipasangkan protokol HTTPS terdapat script atau gambar yang di-load dari sumber bukan protokol HTTPS, maka ketika website tersebut diakses oleh client, akan muncul peringatan bahwa website tersebut tidak secure, bahkan ada yang sampai tidak bisa dibuka, karna client harus melakukan konfirmasi sertifikat terlebih dahulu. Ini tentu akan mengakibatkan pengunjung akan pergi sebelum sempat membuka website tersebut. Jumlah kunjunganpun menjadi anjlok.
  • Dukungan Browser : Hampir setiap browser memang sudah mendukung protokol HTTPS, tapi bagi pengguna yang masih menggunakan browser versi lama, tentu akan kesulitan mengakses website yang menggunakan protokol HTTPS.
  • Biaya Tambahan : Dengan menggunakan protokol HTTPS, berarti anda harus membayar biaya tambahan yang lumayan mahal, tergantung jenis SSL yang anda gunakan.

Kapan kalian harus menggunakan HTTPS ?

Setelah mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan HTTPS kalian bisa membuat kesimpulan kapan kalian harus pakai HTTPS ini. Jika kalian mempunyai suatu website bisnis, Jual Beli atau Ecommerece sangat di sarankan untuk menggunakan HTTPS ini pada website kalian.

Nah jadi begitulah kelebihan dan  kekurangan HTTPS jadi menurut saya jika mempunyai web atau blog biasa saya rasa tidak perlu untuk memeasang HTTPS ini 😀

Demikianlah artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan menggunakan HTTPS Di Blog semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua dan jangan lupa untuk teman teman share ke media sosial kamu agar semua tahu apa itu kekurangan dan kelebihan HTTPS.

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here