Beranda Pelajaran Komputer Jaringan Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya

Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya

87
0

Selamat Datang di Web Mas Anggading, Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan materi tentang jenis kabel jaringan komputer dan fungsinya. Mungkin di antara kalian tau yang namanya kabel LAN, Buat yang belum tau kalian bisa baca di sini tentang Pengertian Kabel LAN

Sebelum kita membahas tentang jenis kabel jaringan komputer alangkah baiknya kita tahu apa itu kabel jaringan komputer. Kabel jaringan komputer adalah salah satu perangkat keras komputer berupa kabel yang di rancang khusus dengan kriteria tertentu, dan juga memiliki peran penting karena bertugas sebagai penghubung dengan karakteristik yang di kategorikan sebagai media transmisi terarah dalam suatu jaringan komputer.

Yang disebut dengan transimis seraha adalah sebuah kondisi dimana gelombang elektromagnetik yang digunakan dipandu sepanjang fisik yang di wujudkan menggunakan kabel. Adapun alasan mengapa seseorang menggunakan kabel jaringan komputer di antaranya sebagai berikut :

  • Jaringan kabel ini bisa menyuplai kebutuhan jaringan di daerah plosok yang belum memiliki Access point secara wireless ( Wi-Fi )
  • Untuk biaya pembangunan jaringan kabel masih jauh lebih murah dari pada wireless
  • Jaringan kabel ini lebih stabil dalam menstransmisikan data
  • Jaringan kabel juga tidak terpengaruh oleh cuaca.

Adapun kekurangan menggunakan jaringan kabel komputer yaitu :

  • Membutuhkan kabel yang banyak dalam jaringan yang luas dan besar
  • Penempatan kabel harus di perharikan agar terhindar dari masalah seperti di gigit oleh tikus.
  • Instalasi menggunakan kabel jaringan sering sekali terlihat tidak rapiih.

FUNGSI KABEL JARINGAN KOMPUTER

Adapun fungsi yang sebenarnya sebuah jaringan komputer itu sendiri adalah menstransmisikan data yang di peroleh dari server, menuju komputer user atau clint dengan mengandalkan konektivitas dari sebuah kabel.

JENIS KABEL JARINGAN KOMPUTER

Dalam penggunaanya kabel jaringan komputer ini terdiri dari beberapa tipe biasanya di sesuaikan dengan kebutuhan kondisi dan ukuran pada jaringan tertentu. Setidaknya di sini ada 3 macam tipe kabel yang masuk dalam kategori kabel jaringan komputer. Untuk memahami apa saja jenis kabel jaringan komputer mari kita simak ulasan berikut ini :

1. Kabel Coaxial

Jenis kabel jaringan komputer

Pengertian kabel coaxial. Kabel Coaxial adalah jenis kabel yang terdiri dari 2 penghantar, dimana salah satunya penghantarnya berada di tengah kabel dan di kelilingi oleh penghantar satunya lagi dengan pola melingkar. Cara kerja kabel coaxial ini yaitu dengan cara mengantarkan arus atau sinyal listrik ke sumber tujuan.

Dalam penggunaanya di dalam jaringa, kabel ini sudah tergantikan oleh fungsi kabel twisted pair yang akan saya bahas setalah ini. Biasanya kabel coaxial ini digunakan pada jenis jaringan yang memiliki topologi jaringan BUS dan juga RING.

Kelemahan kabel coaxial ini yaitu hanya memiliki jangkauan dan kualitas pentransmisian data yang terbatas, sehingga kabel ini jarang digunakan. Selain itu juga kabel ini dinilai kurang fleksibel di bandingkan dengan twisted pair.

2. Twisted Pair

Jenis kabel jaringan komputer

Kabel twisted pair merupakan kabel dimana yang di dalamnya terdapat beberapa kabel yang saling berpasangan. Sama seperti kabel coaxial, cara kerja kabel twisted pair ini adalah mngantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Kabel twisted pair ini terbagi atas 2 jenis yaitu kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair)

STP adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus tembaga/alumunium foil khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. Sedangkan UTP adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel terpilih mirip kabel telepon. Untuk kabel Twisted Pair ini sendiri jangkauanya tidak lebih dari 100 Meter. Kecepatanya pun bervariasi mulai dari 10 Mbp/s samapi 10000 Mbp/s bahkan 10 Gbp/s

Kabel twisted pair pun memiliki 3 jenis kabel utama, berikut ini adalah jenis kabel dari twisted pair :

a. UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel UTP ini dalam aplikasinya tidak mendukung sebuah prlindungan atau proteksi dari kumpulan spiralnya. Kelemahan utama kabel UTP ini adalah sangat rentan dan juga sensitif terhadap voltase tinggi dan juga medan magnet. Kabel UTP ini banyak digunakan pada kabel jaringan telepon dan juga dalam jaringan kecil.

b. FTP (Foiled Twisted Pair)

Kabel FTP ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dari kabel UTP, dikarenakan lapisan kabel yang di lindungi oleh semacam foil, sehingga membuat kabel ini memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap noise atau gangguan magnetic dibandingkan kabel UTP

c. STP (Shielded Twisted Pair)

Kabel STP ini hampir sama dengan kabel FTP yang memiiki perlindungan dalam lapisan kabelnya, yang membedakan dari kabel ini adalah bahan yang digunakan, untuk melapisi susunan kabel twisted pairnya. Kabel STP juga memiliki kemampuan yang baik dalam menangkal noise dan gangguan magnetic.

Walau kabel STP dan FTP lebih baik dari kabel UTP, namun masih banyak di kalangan kita menggunakan kabel UTP di sebuah jaringan komputer. Hal yang membuat kabel UTP ini masih banyak digunakan adalah faktor ekonomis, yang harga kabel UTP ini lumayan murah dengan kabel STP dan FTP.

3. Kabel Fiber Optik

Jenis kabel jaringan komputer

Kabel fiber optik ini tidak seperti kabel sebelumnya yang menggunakan tembaga sebagai media penghantarnya. Kabel fiber optik ini terbuat dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis. Karena terbuat dari kaca, sinyal yang dikrim dari FO ini berupa cahaya dari sumber ke tujuan.

Makanya sudah tidak heran lagi bila transmisi kabel ini lebih cepat dibandingkan dengan kabel yang lain. Salah satu kelemahan kabel ini adalah gangguan (Noise) yang sering terjadi apabila tertekuk walau hanya sedikit.

Kelbihan dari kabel FO ini adalah :

  • Mampu menstransmisikan sinyal dengan kecepatan tinggi
  • Simpel
  • Dapat menstansmisikan snyal cahaya
  • tahan terhadap gelombang radio

Adapun kekurangan dari kabel FO ini adalah :

  • Harga instalasi yang tinggi
  • Tidak semua provider mau mendukung jaringan menggunakan FO
  • Kecepatan transmisi masih di batasi oleh provider.

Nah demikianlah materi yang saya berikan tentang Jenis kabel jaringan komputer beserta contoh dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semuanya ya.

Jangan lupa kalian kunjungi Ubinterior untuk artikel tentang Teknologi

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here