Internet Border Router Kurangi Beban Firewall

0
18

Internet border router tidak bisa jauh dari firewall. Internet border router sendiri merupakan sebuah perangkat yang di letakkan di depan firewall. Sedangkan yang dimaksud dengan firewall adalah sebuah system keamanan jaringan computer yang mana di gunakan untuk melindungi perangkat lunak dari beberapa jenis serangan dari luar (serangan dari computer lain). Firewall, sebuah system yang memberi otoritas pada lalu lintas jaringan computer sehingga di anggapnya aman dalam melakukan pencegahan terhadap jaringan serangan dari luar. Firewall bisa berupa perangkat lunak atau sebuah program computer apklikasi atau bisa juga perangkat keras dimana untuk menjalankan program firewall itu sendiri.

Internet Border Router Kurangi Beban Firewall

Kenapa mesti harus menggunakan firewall? Sebab perlindungan terbaik atas computer sangatlah penting sekali mengingat sekarang ini banyak orang-orang iseng yang dengan sengaja memanfaatkan kelemahan jaringan di perangkat lunak milik kita. Perlindungan firewall dilakukan komputasi perangkat seperti halnya computer yang diaktifkan dengan menggunakan koneksi internet. Kita di haruskan untuk meningkatkan keamanan jaringan computer dengan memberikannya informasi serinci mungkin tentang pola-pola lalu lintas sebuah jaringan internet. Firewall bisa juga disebut sebagai gerbang security antara jaringan computer eksternal. Secara umum, firewall di gunakan sebagai pengontrol akses terhadap siapa saja yang mempunyai akses jaringan pribadi darti ancaman pihak luar.

Kembali pada pokok pembahasan di atas bahwa internet border router itu dapat mengurangi beban firewall atas gangguan dari pihak luar tanpa atau dengan sepengetahuan kita sebagai pemilik perangkat lunak computer.
Pada umumnya firewall menjalankan pemeriksaan yang mendasar dalam setiap aktivitas jaringan ke internet ataupun sebaliknya, yaitu dari internet ke internal. Dengan demikian akan mencegah penyebaran worm tertentu ke jaringan internal perusahaan.  Jika di perhatikan, firewall sebenarnya dapat melakukan pemblokiran sendiri atas worm dengan menggunakan border. Dengan begitu ia bisa mengurangi beban pada firewall sehingga tidak terjadi kelebihan beban atau overload yang sangat berat. Pada kasus tertentu, biasanya fungsi border router akan di pegang oleh firewall dalam jaringan kecil dengan beban traffic data yang tidak besar sangat.

Kinerja lain dari border router adalah bagaimana ia akan melakukan pemeriksaan aktivitas jaringan, seperti memblokir alamat IP palsu yang datang dari dalam jaringan ke internet atau sebaliknya. Pada tulisan ini kita juga akan membahas apa itu FTTX. FTTX adalah sebuah istilah untuk arsitektur jaringan (broadband) yang berbasis serat optic. Serat optic tersebut yang menyediakan akses data kepada pelanggan. Sementara dalam prakteknya bahwa FTTX di bagi menjadi dua kelompok , FTTP, FTTH, FTTB (koneksi serat optic untuk akses pelanggan) dan FTTC/N, koneksi serat optic yang hanya meraih titik distribusi tertentu. Bila di jabarkan secara detail, FTTX terdiri dari bermacam-macam istilah, ada FTTP, FTTH, FTTB, FTTdp, FTTN, FTTC/FTTK. Semua istilah tadi dapat di perjelas seperti berikut ini.

FTTP, adalah sebuah koneksi data yang berbasis kabel serat optic ke tempat pelanggan. Dengan FTTP dapat tergambarkan koneksi serat optic FTTH dan FTTB. FTTH, koneksi data berbasis serat optic yang sampai ke rumah pelanggan dan biasanya dalam bentuk kotak yang di pasang di dinding luar rumah. Selain itu ada juga yang namanya Tunggal.FTTB atau Fiber to the building, business, or basement. Di samping itu tadi ada juga yang namanya Telepon. FTTdp atau sebuah koneksi data berbasis serat optic yang hanya mencapai kotak distribusi dan terletak hanya beberapa meter dari rumah pelanggan. Bangunan.FTTN/FTTLA, sebuah koneksi data berbasis serat optic yang hanya ke titik distribusi (biasanya berada di sisi jalan).

Internet Border Router dapat mengurangi beban firewall jika lalu lintas jaringgan internet masih dalam batas wajar atau tidak terlalu padat sangat dan sedikitnya jaringan luar yang masuk menyerang jaringan di perangkat lunak milik kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here