Beranda Ilmu Kewarganegaraan Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

56
0

Selamat Datang Di Web Mas Anggading, Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang pendidikan yaitu hak dan kewajiban warga negara indonesia

hak dan kewajiban warga negara indonesiaHak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

a. Makna Hak Warga Negara 

Hak merupakan semua hal yang harus kalian dapatkan. Hak bisa berbentuk kewenangan atau kekuasaan untuk melakukan sesuatu. Hal yang diperoleh merupakan akibat dari dilaksanakannya kewajiban dengan kata lain hak baru bisa di peroleh apabila kewajiban sudah dilakukan.

Baca Juga : (Definisi, Ruang Lingkup, Objek, Perbandingan, Perbedaan, Dan Refleksinya)

Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap pribadi manausia. Karena itu, hak asasi manusia itu berbeda dari pengertian Hak warga negara Indonesia. Hak Warga negara merupakan seperangkat hak yang melekat dalam diri manusia dalam kedudukanya sebagai anggota dari sebuah negara. Hak asasi ini sifatnya Universal, tidak terpengaruh status kewarganegaraan sesorang. Akan tetapi hak warga negara dibatasi oleh status kewarganegaraanya.

Dengan kata lain, tidak semua hak warga negara adalah hak asasi manusia, akan tetapi dapat dikatakan bahwa semua hak asasi manusia juga merupakan hak warga negara. Hak warga negara Indonesia meliputi hak konstitusional dan Hak hukum. Hak Konstitutional adalah hak yang dijamin di dalam dan oleh UUD 1945, sedangkan hak hak hukum timbul berdasarkan jaminan undang undang dan peraturan perundang”an di bawahnya,

Disamping itu, terdapat juga ketentuan mengenai jaminan hak asasi manusia tertentu yang hanya berlaku bagi warga negara atau setidaknya bagi warga negara diberikan kekhususan atau keutaman tertentu. Misalnya, hak atas pekerjaan, hak atas pendidikan dan yang lainnya. Hak warga negara yang meliputi ;

  • Hak asasi manusia tertentu yang hanya berlaku sebagai hak konstitusional bagi warga negara Indonesia saja. Misalnya
  1. Hak yang tercantum  dalam pasal 28D aat 3 UUD 1945
  2. Pasal 27 ayat 2
  3. Pasal 27 ayat 3
  4. Pasal 30 ayat 1
  5. Pasal 31 ayat 1
  • Hak asasi manusia tertentu yang meskipun berlaku bagi setiap orang, akan tetapi dalam kasus” tertentu, khusus bagi warga negara indonesia berlaku keutamaan tertentu. Misalnya, Pasal 28D ayat 2 UUD 1945
  • Hak warga negara untuk menduduki jabatan yang di isi melalui prosedur pemilihan, baik secara langsung atau secara tidak langsung oleh rakyat.
  • Hak warga negara untuk di angkat dalam jabatan tertentu, jabatan yang di maksud hanya berlaku dan hanya dapat diduduki oleh warga negara Indonesia sendiri, sesuai dengan maksud ketentuan pasal 27 ayat 1 dan pasal 28D ayat 3

b. Makna Kewajiban Warga Negara 

Kewajiban secara sederhana dapat di artikan sebagai segala sesuatu yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Dengan demikian kewajiban warga negara dapat di artikan sebagai tindakan atau perbuatan yang harus dilakukan oleh seorang warga negara sebagaimana di atur dalam ketentuan perundang undangan yang berlaku.

Hak dan kewajiban warga negara indonesia merupakan dua hal yang saling berkaitan, keduanyaa saling mempunyai hubungan kausalitas atau hubungan sebab akibat. Seseorang mendapatkan hak nya karena seseorang tersebut telah menunaikan kewajibannya, Hak dan kewajiban warga negara indonesia juga tidak dapat di pisahkan, karena bagaimanapun dari kewajiban itulah muncul hak hak dan sebaliknya.

Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 

1. Kasus Pelanggran Hak Warga Negara

Pelanggaran Hak warga negara indonesia ini terjadi saat warga negara tidak dapat menikmati atau memperoleh hak nya sebagaimana mestinya yang sudah di tetapkan oleh undang undang. Pelanggaran hak warga negara ini terjadi karena adanya pelalaian atau pengingkaran terhadap kewajiban baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun oleh warga negara sendiri.

Pelanggaran terhadap hak warga negara bisa kita lihat dari kondisi yang saat ini terjadi di negara kita misalnya sebagai berikut :

  1. Proses penegakan hukum masih belum optimal dilakukan. Misalnya masih terjadinya kasus salah tangkap, perbedaan perlakuan oknum aparat penegak hukum terhadap para pelanggar hukum dengan dasar kekayaan atau jabatan masih terjadi, dan sebagainya, yang tidak sesuai dengan amanat pasal 27 ayat 1 1945
  2. Saat ini tingkat kemiskinan dan angka pengangguran di negara kita masih cukup tinggi, hal ini bertentangan dengan pasal 27 ayat 2 1945.
  3. Semakin merebaknya kasus pelanggaran hak asasi manusia seperti pembunuhan, pemerkosaan, kekerasan dalam rumah tangga dan lain sebagainya.
  4. Masih sering terjadi kekerasan mengatasnamakan agama, misalnya penyerangan tempat ibadah.
  5. Angka putus sekolah yang cukup tinggi mengindikasikan belum terlaksana secara sepenuhnya amanat pasal 31 ayat 1 1945
  6. Pelanggaran hak cipta, misalnya peredaran DVD bajakan perilaku plagiat dalam membuat sebuah karya dan sebagainya.

2. Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Saat ini banyak terjadi pengingkaran terhdapa kewajiban” warga negara. Dengan kata lain, warga negara banyak yang tidak melangksanakan kewajibannya sebagaimana yang telah di tetapkan oleh undang”.

Pengingkaran tersebut biasanya terjadi karena tingginya sikap egoisme yang dimiliki oleh setiap warga negara, sehingga yang ada di fikirannya hanya sebatas bagaimana cara mendapatkan hak nya, sementara yang menjadi kewajiban itu dilupakan. Slain itu juga, rendahnya kesadaran hukum warga negara yang mendorong terjadinya pengingkaran kewajiban oleh warga negara. Pengingkaran kewajiban warga negara ini sangat banyak bentuknya di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membuang sampah semabarangan
  2. Melanggar aturan lalu lintas
  3. Merusak fasilitas negara
  4. Tidak membayar pajak
  5. Tidak berpartisipasi dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Nah demikianlah materi kewarganegaraan yang sudah saya berikan yaitu tentang hak dan kewajiban warga negara indonesia, Semoga artikel yang saya berikan ini bisa membantu kita semua tentang hak dan kewajiban warga negara indonesia.

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here