Beranda Informasi Umum Dasar Dasar Shortcut Keyboard Di Windows Yang Wajib Kalian Ketahui

Dasar Dasar Shortcut Keyboard Di Windows Yang Wajib Kalian Ketahui

109
0

Selamat Datang Di Web Mas Anggading , Pernah kah kalian melihat seseorang yang mengetik atau mengoprasikan komputer jarang menggunakan mouse atau touchpad. Yaps mereka cukup lihai sekali menggunakan keyboard nya untuk melakukan aktifitasnya. Kenapa bisa begitu ? Nah mereka bisa cukup pandai memainkan keyboard nya karena mereka sudah paham dan hapal untuk shortcut keyboard di windows.

Nah di kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit dasar dasar shortcut keyboard di windows yang mungkin di antara kalian belum mengetahui nya. Langsung saja kita baca ulasan berikut ini :

Dasar Shortcut Keyboard Di Windows

Sebagian besar shortcut keyboard memerlukan kalian untuk menekan dua atau lebih tombol dengan urutan tertentu. Misalnya shortcut ctrl + X dilakukan dengan menekan dan menahakan tombol CTRL kemudian tekan tombol X, dan lepaskan keduanya.

Rata rata shortcut menggunakan CTRL ( Control ) atau ALT. Kaian akan menemukan tombol tombol itu ada di pojo kiri bawah.

MENGGUNAKAN SHORTCUT DI TEKS

Shortcut keyboard ini sangat berguna sekali ketika memanipulasi teks pada aplikasi pengolah kata, e-mail, dan lain lain. Shortcut ini dapat membantu kalian melakukan tugas tugas yang berulang seperti menyalin dan menyisipkan teks.

Ctrl + X Cut / Memotong teks yang di pilih
Ctrl + C Menyalin teks yang di pilih
Ctrl + V Paste teks yang telah di salin / di cut
Ctrl + A Memilih semua teks pada halaman atau jendela yang sedang aktif.

MENGGUNAKAN SHORTCUT PADA BERKAS & APLIKASI

Kalian juga dapat menggunakan shortcut untuk membuka, menutup atau berpindah aplikasi. Ketika kalian sedang mengelola berkas misalnya berkas microsoft word, maka shortcut dapat digunakan untuk membuat berkas baru, mencari kata, dan mencetak dokumen.

Ctrl + ALT + Delete Memaksa kita menutup aplikasi yang hang atau not responding. Ketika kalian menekan tombol itu kalian akan di arahkan ke Task Manager, Lalu kalian dapat memilih aplikasi apakah yang hang saat itu.
Delete Memindahkan berkas ke Recycle Bin
Enter Membuka atau mengaktifkan aplikasi atau berkas yang di pilih
Ctrl + N Membuat berkas baru
Ctrl + O Membuka berkas yang sudah ada dari penyimpanan
Ctrl + S Menyimpan berkas yang sedang aktif
Ctrl + Z Dapat melakukan pembatalan tindakan sebelum nya,
Tombol Widows Mengaktifkan menu start

MENGGUNAKAN SHORTCUT DI INTERNET / BROWSER

Penggunaan shortcut ini juga bisa kalian gunakan di navigasi browser kaian. Entah itu mozile firefox, entah chrome ataupun opera. Shorcut yang sudah saya berikan di atas bisa kalian gunakan saat kalian sedang online, Mungkin kalian akan menyalin teks dan lain lain. Mungkin beberapa shortcut di bawah ini dapat sedikit berbeda tergantung pada browser yang akan kalian pakai..

Ctrl + N Membuka jendela baru pada browser
Ctrl + T Membuka tab baru pada browser
Ctrl + D Membookmark situs yang sedang kalian buka saat ini
Ctrl + B menampilkan daftar bookmark
Ctrl + J Menampilkan unduhan

MENGGUNAKAN TOMBOL ALT UNTUK MENAMPILKAN MENU

Jika kalian membuka sebuah aplikasi Microsoft Word, lalu kalian menekan tombol ALT maka nanti di sana akan ada shortcut pilihan yang bisa kalian gunakan. Dengan demikian kalian dapat melakukan hampir semua tugas menggunakan keyboard. Kalian hanya perlu sekali menekan tombol ALT sampai di menu bar pada microsoft word tampil Angka atau Huruf untuk di printahkan.

Untuk menemukan beberapa banyak menu kalian hanya mengarahkan krusor pada menu atau tombol untuk informasi menampilkan shortcut keyboard tersebut.

Shortcut Keyboard Di Windows

Nah demikianlah dasar dasar shortcut keyboard yang sudah saya berikan kepada teman teman semua. Jika ada kurangnya kalian bisa tambahkan di kolom komentar di bawah ini 😀 Untuk menemukan lebih banyak lagi shortcut keyboard kalian bisa tinjau di sini

 

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here