Beranda Tips Komputer Cara Mengecek Kesehatan Hardisk Pada Laptop Atau PC

Cara Mengecek Kesehatan Hardisk Pada Laptop Atau PC

138
0

Selamat Datang Di Media Pembelajaran Online  😎 . Banyak di antara kita yang sudah mempunyai sebuah Laptop dan Komputer . Apakah kalian tahu bahwa hardisk yang kalian pakai atau kalian pasang di Laptop / PC itu sehat? Jangan salah perangkat juga apalagi media untuk menyimpan data kita harus sangat di perhatikan terutama pada Hardisk jangan sampai hardisk kalian itu rusak di karenakan kalian sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang mengecek kesehatan pada hardisk laptop ata komputer. Silahkan kalian bisa simak ulasan di bawah ini  😉

Cara Mengecek Kesehatan Hardisk

Cara yang paling sering di gunakan untuk mengecek hardisk kita adalah menggunakan Hardisk Sentinel. Hardisk Sentinel ini adalah sebuah aplikasi yang memang di khususkan untuk mengecek kesehatan sebuah hardisk kalian bisa mendownload nya di situs ini Download Hardisk Sentinel

Jika sudah terbuka sebuah situs nya kalian tinggal klik Hard Disk Sentinel Professional

Jika sudah terdownload silahkan kalian instal seperti biasanya kalian menginstal aplikasi, jika sudah selsai kalian bisa buka aplikasi Hardisk Sentinel nya untuk mengecek kesehatan hardisk kalian.

Di bawah ini adalah hardisk laptop yang saya pakai dan kondisi nya masih sangat sehat (wajar baru ganti hardisk)

Jika semua warna masih hijau dan kesehatan 100% maka hardisk kalian masih sangat sehat belum terkena penyakit” pada hardisk 😀 namun beda dengan gambar di bawah ini :

Di atas adalah hardik saya yang saya lepas dari laptop di karenakan kondisi nya sudah buruk, ya yang biasa di sebut Bad Sector HDD jika seperti di atas sudah tidak mampu lagi untuk di pasang System Operasi namun bisa tetap kalian gunakan untuk HDD Eksternal / Penyimpanan data

Nah di atas kalian telah mengetahui cara mengecek kesehatan hardiks pada laptop atau komputer. Ada beberapa penyebab Hardisk sudah tidak sehat lagi / Bad Sector di antaranya adalah :

Penyebab Bad Sector Pada Hardisk

Komputer Mati Mendadak
Penyebab terjadinya bad sector pada harddisk anda bisa jadi karena dalam mematikan komputer/laptop tidak secara normal. Baiknya mematikan komputer/laptop dengan mengklik tombol shutdown dari sistem operasi anda. Jangan sekali-kali langsung cabut kabel power atau langsung menekan tombol power on-off pada saat komputer/laptop sedang beroperasi.

Mati Listrik
Untuk anda yang tinggal di daerah rawan mati listrik dianjurkan menggunakan UPS. Untuk anda yang menggunakan laptop/notebook sebagai pc dianjurkan jangan melepas baterai anda saat menggunakan laptop/notebook, karena dapat merusak komponen laptop/notebook anda, untuk masalah baterai laptop/notebook.

Jarangnya Maintenance Komputer
Sekali-kali lakukanlah maintenance pada komputer/laptop anda seperti defrag harddisk. Kenapa? Ibarat kamar anda yang selimutnya tidak pernah dirapikan alias berantakan. Sama seperti harddisk, kinerjanya dapat menurun.

Terkena Serangan Virus
Serangan virus dapat menyebabkan merusaknya sistem operasi, virus yang dibiarkan dalam menyebabkan komputer sering hang dan restart paksa.

Umur HardDisk
Jika menurut anda harddisk anda sudah cukup lama disarankan backup file anda sebelum kinerja harddisk menurun.

Kurang/Berlebihan Tegangan
Jika tengangan power supply normal sesuai pemakaian komponen hardware dapat memperpanjang umur harddisk dan terhindar dari bad sector.

Human Error
Penyebab keenam yaitu human error (kesalahan manusia) seperti terkena air atau jatuh saat memberiskan komputer/laptop.

HardDisk Tertarik Medan Magnet
Penyebab ketujuh tertarik medan elektromagnetik. Jika anda tidak menggunakan case pada komputer anda hindari penaruhan harddisk dari area yang mengandung magnet, seperti speaker, ponsel, dll.

Nah di atas adalah beberapa penyebab kenapa Hardisk sudah tidak sehat lagi atau mengalami Bad sector untuk cara mengatasi nya cukup mudah. Cukup kalian tidak melakukan hal di atas 😀 terutama jangan suka matikan secara Paksa Laptop atau PC kalian ya.

Jika Kalian Suka, Jangan Lupa Share Ya !!!

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here