Beranda Blogspot Cara Mengaktifkan HTTPS Di Blog Yang Wajib Di Ketahui Blogger

Cara Mengaktifkan HTTPS Di Blog Yang Wajib Di Ketahui Blogger

121
0

Selamat Datang Di Web Mas Anggading , Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan artikel tentang cara mengaktifkan https di blog dengan mudah.

Cara mengaktifkan HTTPS di blog sangatlah mudah, karena memang saat ini sudah terdapat fitur yang memudahkan untuk mengaktifkan HTTPS.

Padahal fitur ini sudah ada sejak lama, namun masih sedikit blogger yang mengetahui akan fitur ini. Nah bagi anda yang belum mengetahui fitur ini, anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan bagaimana cara mengaktifkan HTTPS di blog. Untuk itu anda perlu menyimak pembahasan berikut ini dengan baik.

Baca Juga : Cara Melaporkan Artikel Copas Ke DMCA

Apa Itu HTTPS ?

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang termasuk salah satu protokol komunikasi internet berfungsi untuk melindungi integritas dan kerahasiaan dari data pengguna antara komputer yang pengguna gunakan dan situs web yang dimilikinya.

Setiap orang tentunya menginginkan pengalaman online yang aman dan nyaman pada saat menggunakan situs web. Dan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan anda pada saat mengakses situs web, maka anda bisa menggunakan HTTPS.

Baca Juga : Cara Membuat Pesan Penutup Otomatis Di Akhir Postingan

Dimana semua protokol komunikasi sudah di enkripsi oleh Transport Layer Security atau SSL. Dengan kata lain situs yang memiliki hal ini akan lebih aman di bandingkan dengan koneksi HTTP saja.

Cara Mengaktifkan HTTPS Di Blog 

Di bawah ini akan kami berikan langkah-langkah untuk mengaktfikan HTTPS :

cara mengaktifkan https di blog

  • Pada menu pilihan Dasar terdapat pilihan HTTPS, silakan anda klik saja bagian tersebut. Dan pada bagian ketersediaan HTTPS silakan anda ubah menjadi Ya.
  • Tunggu beberapa saat terlebih dahulu, setelah itu refresh halaman tersebut. Dan pada bagian Pengalihan HTTPS, silakan anda ubah juga menjadi Ya.
  • Perlu di ingat bahwa untuk mengaktifkan HTTPS di blog Custom Domain akan membutuhkan waktu beberapa menit atau jam bahkan sampai satu hari. Biasanya untuk mengaktfikan hal ini akan membutuhkan waktu sampai 1 hari.

Kelebihan dari menggunakan HTTPS

Banyak sekali kelebihan dan keuntungan yang anda dapatkan ketika menggunakan HTTPS di dalam sebuah blog ataupu situs website. Biasanya tujuan awal dari menggunakan HTTPS di sebuah blog atau website yaitu untuk memberikan pengalaman yang lebih aman kepada setiap pengguna situs anda.

Dimana dalam hal ini semua informasi pengguna situs akan lebih aman, karena memang ketika menggunakan HTTPS semua datanya telah di enkripsi terlebih dahulu sebelum di kirim ke server.

Baca Juga : Cara Mengatasi URL Blog Yang Di Blokir Oleh facebook

Tapi pada sebagian orang yang giat dalam dunia blogging menjadikan HTTPS sebagai salah satu cara untuk meningkatkan SEO atau Search Engine Optimization blog. Dengan kata lain jika anda ingin meningkatkan kualitas dari pengunjung, maka mengaktifkan HTTPS adalah hal wajib yang perlu anda terapkan.

Hal-hal yang perlu di perhatikan setelah mengaktifkan HTTPS :

  • Anda harus mengubah semua URL pada template blog anda menjadi HTTPS, dimana anda bisa mengubahnya pada menu dashboard, lali pilih Tema, setelah itu pilih Edit HTML. Untuk mempermudah mengeditnya anda bisa menggunakan kombinasi CTRL+F, dimana itu akan menemukan kata yang ingin anda ganti.
  • Daftarkan kembali ke Google Webmaster, ketika blog anda sudah menggunakan HTTPS maka anda perlu mendaftarkannya kembali situs anda ke dalam Google Search Console. Memang ketika anda baru pertama kali mengaktifkan hal ini akan terjadi penurunan pengunjung pada blog anda.

Usai sudah ulasan lengkap mengenai cara mengaktifkan HTTPS di blog, jika anda menginginkan kenyamanan dan keamanan blog, maka mengaktifkan HTTPS wajib anda lakukan. Silakan anda ikuti beberapa langkah yang sudah kami sampaikan diatas.

SUPPORT !!
Dukung Blog Cah Kutawaringin agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here