Beranda Informasi Umum Cara Mendaftarkan Kartu BPJS Ke JKN Mobile

Cara Mendaftarkan Kartu BPJS Ke JKN Mobile

157
0

Cara Mendaftarkan Kartu BPJS Ke JKN Mobile – Mungkin di antara kita semua yang sudah mempunyai kartu BPJS belum pada tahu tentang aplikasi JKN ini, Aplikasi JKN-KIS ini hingga sekarang telah banyak membawa dampak positif terhadap layanan publick.

Dengan Aplikasi JKN-KIS ini masyarakat yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS bisa menikmati layanan atau fitur” yang ada di aplikasi tersebut fitur yang paling utama yaitu yang berkaitan dengan aplikasi BPJS Kesehatan hingga prosesnya menjadi lebih mudah dan praktis ^_^

Cara Mendaftarkan Kartu BPJS Ke JKN Mobile

Lalu apa saja manfaat Aplikasi JKN-KIS ini? Banyak sekali manfaat dari aplikasi JKN-KIS ini yang di sediakan untuk kita, di antaranya yaitu :

  1. Info BPJS : berisi informasi seputar pendaftaran, hak & kewajiban peserta, sanksi, dan fasilitas dan manfaat bagi peserta JKN-KIS
  2. Lokasi : mencari dan menampilkan peta lokasi fasilitas kesehatan berdasarkan cabang dan lokasi terdekat. Kita akan dengan mudah menemukan kantor fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama dan tingkat lanjut yang bisa kita manfaatkan.
  3. Pembayaran : Berisi seputar tata cara pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang bisa dibayar melalui bank (yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan) dan bebera aplikasi online lainya.
  4. CEK Virtua Akun (VA) : Virtual akun berfungsi saat pembayaran iuran melalui bank-bank. Fitur ini mempermudah kita untuk mengetahui nomor VA kita (ingat!, satu keluarga satu nomor VA yah…)
  5. Skrining Riwayat Penyakit : Fitur ini bertujuan untuk mengetahui riwayat kesehatan diri kita (bila kita menyetujui) kita akan diajukan beberapa pertanyaan tentang aktifitas yang mungkin mengganggu kesehatan kita.
  6. Kartu Peserta : Ini fitur yang paling saya suka. Disini kita dengan mudah memiliki kartu BPJS Kesehata secara virtual. Jadi ini bisa mempermudah kita untuk berobat ke faskes tanpa membawa kartu fisik BPJS Kesehatan (berguna kan?).
  7. Peserta : Disini terdapat daftar peserta BPJS Kesehatan yang satu virtual akun dengan kita (satu keluarga)
  8. Premi : Fitur ini menampilakn jumlah tagihan dan denda iuran BPJS Kesehatan kita.
  9. Catatan Pembayaran : menampilkan jumlah pembayaran iuran terkahir yang telah kita lakukan
  10. Pelayanan : menampilkan riwayat kunjungan kita pada faskes
  11. Ubah Data Peserta : Manfaat fitur ini mempermudah kita untuk mengubah bioada peserta kita. Contohnya merubah faskes tingkat 1 atau dokter gigi, namun ini hanya berlaku 3 bulan sekali.
  12. Pendaftaran Peserta : Dengan fitur ini mempermudah kita untuk mendaftarkan anggota keluarga baru yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan, syarat utamanya harus memiliki no identitas (NIK/e-KTP).

Lalu bagaimana cara mendaftarkan BPJS Kesehatan Ke Aplikasi JKN-KIS

  • Langkah awal kalian bisa mendownload sebuah aplikasi JKN Mobile yang ada di PlayStore
  • Jika sudah kalian download kalian tekan pada menu Pendaftaran Pengguna Mobile

Mendaftarkan Kartu BPJS Ke JKN Mobile

  • Jika sudah kalian klik pada menu tersebut kalian bisa isi data data yang ada di kolom aplikasi tersebut : (Maaf Sedikit Saya Sensor :D)

Mendaftarkan Kartu BPJS Ke JKN Mobile

  • Jika sudah kalian bisa klik Register kalau berhasil maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :

Mendaftarkan Kartu BPJS Ke JKN Mobile

  • Jika sudah kalian klik Oke lalu kalian login dengan Email dan Pasword yang kalian daftarkan sebelumnya, Jika berhasil maka tampilannya akan seperti ini :

Mendaftarkan Kartu BPJS Ke JKN Mobile

Jika sudah berhasil maka tampilannya akan seperti gambar di atas,, lalu silahkan nikmati fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut, Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua ya, jangan lupa share ke temen temen kalian oke ^_^

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog Cah Kutawaringin. Terus Dukung Blog Cah Kutawaringin Dengan Cara Like Fanspage Cah Kutawaringin. Dan Jangan lupa Berkunjung Ke Blog Dundik.xyz untuk melihat Artikel lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here