Cara Mencairkan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

0
19
Bisa nggak sih BPJS Ketenagakerjaan itu di cairkan saldo nya? Tentunya ya bisa banget tapi ada syarat syartnya juga jika anda ingin mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjan tersebut jadi tidak bisa langsung anda datang ke kantor BPJS nya untuk melakukan pencairan.
JHT (Jaminan Hari Tua) adalah fasilitas yang di berikan oleh BPJS Ketenagakerjaan yang dulunya menggunakan JamSosTek. Iuran dalam BPJS Ketenagakerjaan yaitu 5.7% yang merupakan komponen iuran dari perusahaan sebesar 3.7% dan dari karyawan sebesar 2% dari gaji pokok. Pada saat masih menggunkan Jamsostek gedung administrasinya masih di gabung antara Ketenagakerjaan dan Kesehatan namun sekarang sudah di pisah menggunakan BPJS.

Berikut Persyaratan Dan Cara Pencairan Saldo JHT :

Untuk Persyaratan Dokumen Klaim JHT (Jaminan Hari Tua), Peserta wajib membawa :
  • Kartu Peserta Tenaga Kerja
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) Tenaga Kerja
  • KK (Kartu Keluarga) Tenaga Kerja
  • Surat Keterangan Pemberhentian dari Perusahaan atau Penetapan Pengadilan Hubungan Industrial
  • Formulir JHT yang telah di isi
  • Buku Tabungan Tenaga Kerja
  • NPWP  (Untuk Saldo 50Jt ke Atas)

Langkah Langkahnya :

  1. Lengkapi syarat – syarat yang telah di sebutkan di atas dan lakukan contreng / ceklist pada formulir yang telah di sediakan bahwa data asli dan foto copy anda sudah ada
  2. Isi Formulir F5 dengan lengkap, Formulir ini bisa anda dapatkan pada security BPJS Ketenagakerjaan
  3. Nanti anda akan mendapatkan surat pernyataan pengambilan JHT yang sudah di tanda tangani di atas materai oleh Tenaga Kerja

Jika berkas dan syarat syaratnya sudah lengkap maka silahkan anda bawa berkas tersebut ke security BPJS Ketenagakerjaan untuk di berikan nomor antrian. Tinggal kalian menunggu di panggil oleh Staff BPJS untuk di lakukan pemeriksaan dan penyerahan berkas untuk pencairan dana JHT. Jika berkas anda sudah Ok maka tidak bisa cair pada saat itu juga maka anda harus menunggu sekitar 2 mingguan maka akan di transfer ke No Rekening Anda masing” (Ingat Tidak Boleh Di Wakilkan)

Semoga berhasil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here