Cara Membuat Watermark Secara Otomatis Di WordPress

Posted on

Selamat Datang Di Media Pembelajaran OnlinePada kesempatan kali ini saya akan memberikan Tips buat kalian yaitu tentang cara membuat watermark gambar dengan cepat dan otomatis di wordpress. Buat kalian yang belum tau apa itu Watermark kali ini saya sedikit kasih penjelasan, Watermark adalah salah satu cara untuk menyembunyikan atau menanamkan data tertentu. Penanaman data ini bisa berupa gambar atau tulisan/huruf.

Misalnya dalam sebuah gambar yang kalian ambil atau kalian edit sebagus mungkin agar tidak di download semabarang dan mengakui karyanya maka kalian harus memberi nya Watermark (Hak Cipta) bisa berupa gambar atau tulisan.

Baca Juga : Cara Mudah Mengganti URL Login Pada WordPress

Di sini saya akan memberikan cara memberi watermark secara otomatis di wordpress dengan tujuan mungkin untuk para Blogger agar tidak bisa Copy Paste gambar atau tutorial yang ada di web nya.

Lalu bagaimana cara memasang watermark secara otomatis di wordpress? Nah langsung saja kita ke pembahasan ya ^_^

Cara Memasang Watermark Secara Otomatis Di WordPress

Langkah pertama kalian harus menginstal terlebih dahulu Plugin Easy Watermark. kalian bisa klik pada menu PlugIn lalu Tambah PlugIn jika sudah kalian instal dan Aktifkan.

Jika sudah kalian aktifkan maka langkah selanjutnya kalian masuk ke Pengaturan / Setting lalu klik pada menu Easy Watermark. 

Nah setelah kalian buka menu Easy Watermark selanjutnya pada menu General pada menu Auto Watermark bisa kalian ceklist Type Image nya juga bisa kalian ceklist semua begitu juga dengan Backup bisa kalian ceklist. Pada Menu Image Size kalian bisa pilih mana yang akan di pasang WM. Dan bagian bawah Watermark Type kalian bisa pilih mau gambar atau text atau gambar dan text. Lalu Save !

Jika sudah kalian Save sekarang masuk ke Tab Image karena di sini saya menggunakan Gambar untuk WM nya. Silahkan kalian masukan gambar yang akan di jadikan WM nya, pada menu Image Alignment kalian ingin meletakan WM tersebut di bagian mana, apakah mau di tengah atau di bawah. Lalu pada menu Opacity kalian bisa ukur sesuai keinginan kalian di sini saya menggunakan 80% untuk Opacity nya. Lalu kalian klik Save !

Nah untuk bagian Tab Teks cara setting nya sama saja seperti WM gambar. Jika kalian mempunyai gambar yang sudah tersimpan sebelumnya untuk menanamkan Watermark nya kalian bisa klik Media lalu Easy Watermark . Jika kalian ingin menanam Watermark nya di semua gambar yang sudah tersimpan di media kalian bisa tinggal klik Start . Namun jika kalian ingin menghilangkan Watermark nya kalian bisa klik Restore maka gambar akan menjadi original kembali.

Nah mungkin itu saja Artikel tentang cara memasang Watermark secara otomatis di WordPress, semoga artikel yang saya berikan ini bermanfaat buat kita semua ya ^_^

Teguh RPG
J.K. Rowling (Novelis), “Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *