Beranda Blogspot Cara Memasang Kode Meta Tag Facebook Open Graph Di Blogger

Cara Memasang Kode Meta Tag Facebook Open Graph Di Blogger

114
0

Ketika kita ingin membagikan artikel atau link artikel kita di facebook, terkadang tidak rapih, tidak muncul gambar, atau bahkan tidak muncul gambar dan judul artikel nya (EROR), Nah di sini yang kita butuhkan yaitu untuk mendebug nya agar tidak eror lagi ketika di share di facebook atau media sosial lainnya. Nah lalu bagaimana cara nya ? Di sini kalian harus memasang Meta Tag Facebook Open Graph terlebih dahulu di Blog kalian. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara memasang kode Meta Tag Facebok Open Graph Di Blogger.

Namun sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Meta Tag Facebook Open Graph ? Dan kenapa harus memasang itu di blog kita ? Yuk kita baca ulasan berikut ini :

Apa itu Meta Tag Facebook Open Graph ?

Facebook Open Graph adalah sederetan kode khusus berupa meta Tag HTML yang berfungsi membaca komponen – komponen halaman ketika link url kita di share ke Facebook untuk nanti nya di tampilkan menjadi konten. Komponen yang akan di tampilkan yaitu berupa Judul , Thumbnail (Gambar) , Deskripsi , Author . Kode ini juga bisa di pasang di berbagai platfrom seperti Blogger dan juga WordPress tapi pada kali ini saya akan memberikan tutorial nya menggunakan Blogger.

Kenapa Harus Memasang Meta Tag Facebook Open Graph

Ya di sini saya menganjurkan kalian untuk menggunakan meta tag facebook open graph ini, di karenakan jika nanti kalian menshare url kalian di facebook maka akan mempercantik tampilan dan akan menarik pengunjung kalian untuk membuka artikel yang kalian share di Facebook.

Daftar Meta Tag Facebook Open Graph

Di sini ada 5 kode inti yang harus kalian pasang di blog kalian, dan di sini saya akan jelaskan 1 per 1

  • og:url (URL canonical dari blog kalian)
  • og:title (Judul dari artikel)
  • og:description (Ringkasan dari blog kalian)
  • og:image (Thumbnail gambar blog)
  • fb:admins (Nama Author , Berupa sebuah URL yang dapat di klik menuju Facebook kalian)

Cara Memasang Meta Tag Facebook Open Graph

  • Langkah pertama kalian masuk ke Blogger lalu pilih menu Template – Edit HTML
  • Jika sudah kalian bisa cari kode </head> lalu salin dan pastekan kode di bawah ini di atas kode </head>

Penjelasan

  1. Jika kalian membagikan artikel Contoh : https://www.cahkutawaringin.id/cara-membuat-pop-up-like-facebook-melayang-di-blogger/ Maka gambar akan tampil dari postingan tersebut, Namun jika kalian membagikan URL Homepage nya misal https://www.cahkutawaringin.id maka gambar yang muncul adalah gambar yang kalian tentukan sendiri, maka ganti URL ini https://www.cahkutawaringin.id/wp-content/uploads/2018/03/1-1.jpg Dengan URL gambar kalian sendiri.
  2. 1914791458593858 untuk kode ini kalian bisa ganti dengan ID Fanspage atau halaman kalian sendiri, kalian bisa juga menggunakan username Fanspage kalian sendiri.
  • Jika sudah kalian bisa save template kalian.

Kenapa Gambar Kok Tidak Muncul ?

Jika kalian sudah menggunakan kode di atas dengan benar namun gambar tidak muncul bisa jadi gambar yang kalian masukan resolusi nya kurang besar, Facebook mengharuskan menggunakan ukuran gambar 200 x 200 pixel, jadi edit lagi ya gambar nya

Jika semua sudah benar Namun hasil di facebook tidak sesuai ?

Itu di karenakan Facebook membutuhkan waktu untuk membaca struktur Blog kalian. Kalian bisa lakukan hal di bawah ini

  • Masuk Ke Sharing Debugger
  • Masukan URL homepage atau artikel
  • Lalu klik Debug
  • Lalu klik Scrape Again / Kurangi Lagi
  • Dan coba samapi sesuai keinginan kamu, Lalu silahkan coba bagikan kembali ke Facebook

Sebelum Debug :

Tampilan di atas adalah tampilan dimana sebuah URL belum di debug atau masih mengalami eror saat di bagikan ke Facebook, Dan tampilan di bawah ini adalah tampilan yang tadi nya eror ketika di bagikan sekarang sudah tidak eror lagi dan sudah muncul Judul , Gambar , Dan Deskripsi artikel nya jadi siap untuk di bagikan di Facebook ^_^

Nah demikian sedikit tutorial Cara Memasang Kode Meta Tag Facebook Open Graph Di Blogger, Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan tanyakan dalam kolom komentar.

Terima kasih telah mengunjungi cahkutawaringin.id , Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua, Tetap kunjungi web kami untuk mendapatkan ilmu dan tutorial menarik lainnya..

SUPPORT !!
Dukung Blog Mas Anggading agar selalu update mengenai informasi menarik dan tips & trick dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
Jangan Lupa Untuk Follow Halaman Facebook Mas Anggading Untuk mlihat Update terbarunya.Follow Sekarang !

Tinggalkan Balasan